Rouhani akan Atasi Sanksi Iran

Rabu, 11/12/2019 17:24 WIB

Teheran, Jurnas.com - Pemerintah Iran mengatakan akan mengatasi sanksi Amerika Serikat (AS) baik dengan cara mengabaikannya atau pun melalui jalur negosiasi.

Demikian kata Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Rabu (12/12). Namun, pemimpin 72 tahun itu menegaskan bahwa Teheran tidak akan melewati garis merah dalam setiap negosiasi dengan Washington.

"Pemerintah bertekad untuk mengalahkan (musuh) dengan melewati sanksi AS atau melalui berbagai cara termasuk negosiasi, tetapi kami tidak akan melewati garis merah kami," kata Rouhani kepada kantor berita ISNA.

Hubungan AS dan Iran makin memanas sejak Presiden Donald Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara kekuatan dunia yang disepakati tahun 2015.

Di bawah kesepakatan itu, Iran sepakat membatasi kapasitas pengayaan uranium dan mendapatkan keringanan sanksi sebagai imbalannya.

Setelah AS mundur dari kesepakatan itu, Presiden Trump kembali memberlakukan sanksi terhadap Iran sejak tahun lalu dan meningkatkannya beberapa bulan terakhir.

Bukan hanya itu, Trump juga secara terang-terangan, meminta seluruh negara untuk menghentikan impor minyak Iran atau terancam menghadapi sanksi-sanksi AS.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih