AS-Turki Negosiasi Sengketa Militer

Minggu, 17/11/2019 06:43 WIB

Ankarta, Jurnas.com - Juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin mengatakan, Turki dan Amerika Serikat (AS) sudah memulai negosiasi untuk menyelesaikan sengketa kedua negara di sektor militer.

Dalam wawancara dengan TRT beberapa hari yang lalu, Kalin mengatakan perundingan akan dilakukan di tingkat bilateral dan tidak di bawah pengawasan NATO.

Akuisisi Turki atas sistem pertahanan udara S-400 Rusia mendorong Washington untuk menyingkirkan Turki dari program F-35.

AS menganggap sistem tersebut dapat digunakan secara diam-diam Rusia untuk mengambil informasi rahasia. Selain itu, S-400 dinilai tidak kompatibel dengan sistem NATO.

Turki, bagaimanapun, menegaskan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO atau menimbulkan ancaman bagi aliansi. "Kedua presiden menunjuk saya dan (Penasihat Keamanan Nasional AS) Robert O`Brien untuk berunding," jelas Kalin.

"Sistem S-400 dapat digunakan secara independen tanpa diintegrasikan ke dalam sistem pertahanan NATO," tegasnya.

Menurut Kalin, Presiden Rusia, Vladimir Putin diperkirakan akan mengunjungi Ankara pada Januari mendatang. "Mungkin kunjungannya berkaitan dengan proyek Turk Stream. Selain itu, hubungan bilateral dan isu regional juga perlu dibahas," ujar Kalin. (Anadolu)

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih