Lima Kopi Andalan Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Selasa, 01/10/2019 13:01 WIB

Jurnas.com - Selain diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tanggal 1 Oktober juga dinobatkan menjadi Hari Kopi Sedunia.

Sebagai negara yang memiliki lokasi geografis dan struktur tanah yang baik, Indonesia menjadi surga bagi semua jenis tanaman, termasuk kopi.

Banyak kopi yang tersebar di wilayah Indonesia, mengandung berbagai macam kopi dengan ciri khas dan rasa yang unik. Seperti dilansir dari beberapa sumber, inilah lima kopi andalan Indonesia.

1. Kopi Jawa

Sebagai salah satu pulau besar di Indonesia, Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Kopi jenis ini tumbuh dengan suhu 16 sampai 20 derajat celcius atau mencapai ketinggian 1.500 meter.

Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena dapat disimpan selama dua hingga tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

2. Kopi Luwak

Selama era tanam dipaksa di tahun 1830-1870 an, Belanda membelenggu petani pribumi menanam kopi untuk keuntungan sendiri. Meski begitu, petani pribumi ingin mencoba minuman kopi yang terkenal.

Mereka akhirnya tahu beberapa jenis musang atau disebut luwak mengonsumsi buah kopi, namun luwak menerima biji kopi yang belum tercerna di dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk membuatnya minuman kopi buatan mereka sendiri. Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo berasal dari daerah Aceh Tengah diambil Gayo. Kopi jenis ini menjadi salah satu kopi yang paling banyak dikonsumsi dan diekspor ke luar negeri. Keunikan dari Kopi Gayo adalah aroma yang berbeda dengan jenis-jenis kopi lain di Indonesia.

Kopi Gayo juga memiliki rasa pahit kopi dengan tingkat keasaman yang rendah. Meski rasanya lebih pahit, aroma gurih yang dimunculkan dari Kopi Gayo memberikan kemudahan tersendiri dalam setiap seruputnya.

4. Kopi Flores Bajawa

Pulau Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang berasal dari daerah Ngada. Kopi Flores Bajawa biasanya diproses melalui penggilingan basah. Memiliki aroma khas buah kopinya bercampur dengan aroma aroma tembakau. Keunikan khusus yang tidak dimiliki dari kopi jenis lain.

5. Kopi Papua Wamena

Kopi yang dihasilkan dari Indonesia bagian Timur tumbuh pada ketinggian 1.500 meter dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius. Benda ini memiliki cita rasa ringan dengan aroma yang tajam. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi yang ditanam. Kopi Wamena memiliki cita rasa ringan dan lembut serta aroma dan tekstur menyengat yang hampir tanpa bulir. 

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih