Cabai Merah Penyumbang Inflasi Agustus

Jum'at, 30/08/2019 15:32 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memperkirakan inflasi pada bulan Agustus tahun sebagian besar masih disebabkan inflasi cabai merah.

Perry mengatakan berdasarkan survei pemantauan harga minggu terakhir Agustus, inflasi bulan ini diperkirakan sebesar 0,15 persen month to month dan 3,47 persen year on year.

"Komoditasnya masih hampir sama (dengan survei minggu lalu) yaitu cabai merah mengalami inflasi 0,11 persen, emas perhiasan 0,08 persen, cabai rawit 0,05 persen, dan komoditas lain yang tidak terlalu besar," jelas Perry di Jakarta, Jumat (30/8).

Sementara itu, Perry mengungkapkan beberapa komoditas pada bulan ini mencatatkan deflasi seperti pada tarif angkutan udara dengan deflasi 0,09 persen, bawang merah 0,07 persen, kemudian daging ayam ras 0,02 persen, dan beberapa komoditas sayuran.

"Kalau dilihat khusus cabai sudah mulai ada penurunan harga, meskipun masih relatif tinggi harganya," ujar Perry.

Perry menjelaskan inflasi cabai merah ini akibat dari faktor cuaca yang membuat produksi di beberapa daerah terganggu. Sementara untuk sebagian wilayah Jawa dan Sumatera Utara memiliki produksi cabai merah yang cukup dan diperlukan oleh daerah lainnya.

"Kami melihat inflasi cabai ini bersifat temporer dan dalam dua bulan ke depan sudah mulai ada panen sehingga kami yakin sampai akhir tahun inflasi akan di bawah 3,5 persen," urai Perry. (AA)

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?