Peristiwa Sejarah 24 Agustus

Senin, 24/08/2020 22:09 WIB

Jurnas.com - Tanggal 24 Agustus yang jatuh pada hari ke-236 (hari ke-237 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

79 - Menurut perhitungan tradisional, Gunung Vesuvius meletus dan mengubur kota Pompeii, Herculaneum, dan Stabiae dalam abu vulkanis.

1837 - P&G dideklarasikan oleh William Procter, seorang pembuat lilin, dan James Gamble, seorang pembuat sabun.

1941 - Karena diprotes, Adolf Hitler secara resmi menghentikan aksi T4, sebuah program pembunuhan sistematis semasa Jerman Nazi terhadap penyandang difabel.

1962 - TVRI mengudara untuk pertama kalinya sebagai stasiun televisi pertama di Indonesia dengan acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV di Jakarta.

1981 - Mark David Chapman dijatuhi hukuman 20 tahun penjara sampai seumur hidup atas pembunuhan vokalis The Beatles, John Lennon.

1989 - RCTI mulai mengudara di Jakarta sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia.

1990 - SCTV, televisi swasta kedua di Indonesia, memulai siarannya di Surabaya, Jawa Timur.

2006 - Persatuan Astronomi Internasional memutuskan untuk mengubah status Pluto dari yang sebelumnya planet menjadi planet kerdil.

2008 - Penutupan Olimpiade Musim Panas XXIX Beijing-Tiongkok.

2011 - Supernova SN 2011fe ditemukan di Galaksi Kincir Angin.

2012 - Anders Behring Breivik, yang membunuh 77 orang di Norwegia, dijatuhi hukuman 21 tahun penjara, hukuman penjara terpanjang untuk pembunuhan dan terorisme di bawah hukum Norwegia.

2013 - Pejabat pemerintah Bolivia mengatakan para narapidana di sebuah penjara di Santa Cruz menggunakan pisau, parang, penyembur api buatan sendiri dan senjata lain dalam pertempuran geng yang menewaskan 30 orang dan puluhan lainnya cedera.

2017 - Seorang pemenang tunggal dari Massachusetts memenangkan $ 758 juta untuk kemenangan lotere jackpot tiket tunggal terbesar dalam sejarah AS.

2018 - Scott Morrison menggantikan Malcolm Turnbull sebagai perdana menteri Australia setelah memenangkan pertempuran kepemimpinan tiga arah .

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih