Peristiwa Sejarah 24 Juli

Jum'at, 24/07/2020 23:20 WIB

Jurnas.com - Tanggal 24 Juli yang jatuh pada hari ke-205 (hari ke-206 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1411 - Pertempuran Harlaw, salah satu pertempuran paling berdarah di Skotlandia, meletus.

1825 - Kabupaten Wonosobo didirikan oleh Pangeran Diponegoro dengan bupati pertama KRT. Seconegoro.

1911 - Arkeolog Hiram Bingham III menemukan kota Inca kuno Machu Picchu.

1955 - Ali Sastroamidjojo mewakili Kabinet Ali-Wongso menyerahkan mandat kepada Presiden Soekarno setelah konflik berkepanjangan dalam tubuh TNI AD.

1977 - Berakhirnya Perang Libya-Mesir.

1998 - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke Capitol di Washington, menewaskan dua petugas polisi dan melukai seorang wisatawan. Polisi menembak pria bersenjata itu, Russell Eugene Weston Jr., yang selamat. Dia kemudian didakwa dengan pembunuhan dan telah dikurung di institusi psikiatris.

2002 - Dewan Perwakilan Rakyat AS mengusir Rep. James Traficant , seorang Demokrat dari Ohio, dengan suara 420-1. Traficant, yang telah dihukum karena pemerasan, penyuapan dan korupsi, menjalani hukuman tujuh tahun penjara.

2005 - Lance Armstrong memenangkan rekor Tour de France ketujuh berturut-turut. Semua tujuh kemenangan dibatalkan pada tahun 2012 setelah Badan Anti-Doping AS menyimpulkan dia telah menggunakan obat peningkat kinerja sepanjang karirnya.

2009 - Kenaikan upah minimum federal, dari $ 6,55 menjadi $ 7,25 per jam, mulai berlaku . Perwakilan bisnis kecil mengatakan kenaikan itu akan mengancam kelangsungan hidup mereka.

2011 - Ratusan pasangan gay dengan pakaian formal dan gaun, dan T-shirt mengucapkan sumpah setelah New York menjadi negara keenam dan terbesar yang mengakui pernikahan sesama jenis .

2013 - Bandar Udara Internasional Polonia mengakhiri aktivitasnya untuk penerbangan komersial di Kota Medan. Penerbangan komersial dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Kuala Namu mulai keesokan harinya. Meski begitu, Bandara Polonia tetap akan melayani penerbangan militer.

2014 - Sebuah pesawat Air Algerie yang membawa 118 orang jatuh dari radar dalam perjalanan ke Aljir dari Ouagadougou, ibu kota negara Burkina Faso di Afrika Barat, dan jatuh di Mali. Tidak ada yang selamat.

2018 - Para pejabat Yunani mengatakan setidaknya 74 orang telah terbunuh oleh kebakaran hutan yang menyapu kota resor dekat Athena.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih