Minta Keramba Ditertibkan, DPD: Pariwisata Unggulan Danau Toba

Rabu, 17/07/2019 17:54 WIB

Jakarta, Jurnas.com - DPD RI mendukung Dana Toba sebagai destinasi wisata dunia. Untuk itu, seluruh keramba yang ada di kawasan Danau Toba harus ditertibkan guna memperbaiki kualitas air yang selama ini semakin buruk.

Anggota DPD dari Sumatera Utara (Sumut), Parlindungan Purba mengatakan, pihaknya sedang konsen terkait masalah kualitas air Dana Toba yang tercemar akibat keramba ikan. Hal itu mengingat rencana Presiden Jokowi terhadap kawasan Danau Toba untuk menjadi destinasi wisata dunia.

"Kita masyarakat yang ada dimanapun bahwa pariwisata adalah unggulan Danau Toba. Jadi sekali lagi Danau Toba menjadi kawasan strategis nasional, ini harus kita dukung dengan cara masing-masing," kata Parlindungan, dalam diskusi bertajuk "Peningkatan Kualitas Air Danau Toba, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7).

Untuk megnatasi hal itu, kata Parlindungan, Gubernur Sumut telah melayangkan surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup untuk meminta bantuan ke pemerintah pusat agar duduk bersama mengatasi persoalan tersebut.

"Tentu saya berharap kepada pemerintah kabupaten kota yang tujuh itu, supaya menganggarkan juga untuk pemeliharaan kualitas air Danau Toba, jadi jangan hanya diserahkan kepada provinsi, diserahkan kepada pusat atau dinas terkait, karena ini banyak kementerian yang terkait," terangnya.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore