Dukung Konektivitas Joglosemar, Ini yang Dilakukan Ditjen Perhubungan Laut

Sabtu, 06/07/2019 18:16 WIB

Yogyakarta, Jurnas.com - Perintah terus memoles wilayah Jawa Tengah, termasuk Jogjakarta, Solo, dan Semarang atau Joglosemar untuk menjadi daerah tujuan wisata yang diminati baik oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Berbagai peningkatan prasarana dan pelayanan terhadap penumpang gencar dilakukan.

"Bersama PT Pelabuhan Indonesia III, operator kapal, dan stakeholder terkait kami terus melakukan berbagai langkah perbaikan, baik dari aspek infrastruktur maupun pelayanan di pelabuhan," kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Semarang Ahmad Wahid saat mewakili Dirjen Perhubungan Laut sebagai pembicara pada Lokakarya Wartawan Kementerian Perhubungan di Yogyakarta, Sabtu (6/7/2019).

Ahmad Wahid mengatakan, selama tahun anggaran 2019 dan 2020, Ditjen Perhubungan laut memiliki beberapa prioritas pembangunan infrastruktur pelabuhan di Jawa Tengah. Diantaranya adalah pembangunan dan pengembangan fasilitas pelabuhan Batang dan pembangunan fasilitas keselamatan pelayaran di Distrik Navigasi Kelas II Semarang dan Distrik Navigasi Kelas III Cilacap.

"Program prioritas yang lainnya adalah kegiatan pengerukan alur pelayaran di Pelabuhan Rembang, pembuatan trestle, Jetty Head, Cat Walk, dan Breasting Dolphin," kata Ahmad Wahid.

Rencana strategis lainnya untuk mendukung konektovitas di Jawa Tengah adalah pelayanan kapal perintis, 3 trayek di Pelabuhan Semarang dan 1 trayek di Pelabuhan Cilacap. Kemudian penyelenggaraan angkutan kapal rede di Karimun Jawa. Juga penyelenggaraan angkutan gratis sepeda motor di Pelabuhan Tanjung Emas.

"Kami juga terus melakukan pembangunan dan pengadaan fasilitas pendukung lalu lintas angkutan laut seperti perawatan dan pengadaan alat pemantauan lalu lintas angkutan laut, pengembangan sistem inaportnet dan sistem pelayanan terpadu," ujarnya.

Khusus di Pelabuhan Semarang, lanjut Ahmad Wahid, terus dikembangkan dan penyempurnaan sistem e-ticketing dan gate in online layaknya pelayanan penumpang di bandara dan kereta api.

"Pelayanan penumpang seperti di bandara dan kereta api di pelabuhan adalah salah satu program prioritas Ditjen Perhubungan Laut. Semarang adalah salah satu pelabuhan yang telah menerapkan konsep layanan tersebut, bahkan menjadi pelabuhan yang pertama," kata Ahmad Wahid.

Di Pelabuhan Semarang juga saat ini terdapat transportasi lanjutan yang menggunakan bus untuk mengantar penumpang ke berbagai tujuan di Jawa Tengah.

"Saat ini ada 16 bus yang melayani penumpang  dari Pelabuhan Tanjung Emas ke berbagai tujuan yang beroperasi hingga pukul 21.00 malam. Kami sedang usul ke pemerintah daerah agar jam operasinya bisa hingga pukul 23.00 malam," kata Ahmad Wahid.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya