Venezuela Tutup Konsulat di Kanada

Senin, 10/06/2019 07:10 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Venezuela memutuskan untuk menutup konsulatnya di Vancouver, Toronto dan Montreal sebagai tanggapan atas penutupan sementara kedutaan Kanada di Caracas.

Kementerian luar negeri Venezuela mengumumkan keputusan pada Minggu (09/06), mengatakan kedutaan besarnya di Ottawa akan bertanggung jawab untuk menangani semua urusan.

Awal pekan ini, Kanada mengumumkan akan menghentikan sementara operasi di kedutaan negara itu di Venezuela, menyalahkan Presiden Nicolas Maduro karena menolak untuk mengakreditasi para diplomat yang penting bagi fungsinya.

Dilansir PressTV, Venezuela mengecam keputusan itu, dengan mengatakan jauh dari masalah administrasi, adalah keputusan politik yang mencerminkan permusuhan berkelanjutan dari pemerintah terhadap Venezuela.

Mengutip prinsip timbal balik, Kementerian Luar Negeri Venezuela mengatakan, untuk sementara waktu akan berhenti memberikan layanan di konsulat umumnya di Vancouver, Toronto dan Montreal.

"Semua fungsi diplomasi Venezuela di Kanada akan dikonsentrasikan di markas kedutaan besarnya di Ottawa," katanya.

Venezuela berada dalam kekacauan politik sejak pemimpin oposisi Juan Guaido menyatakan dirinya presiden sementara pada akhir Januari. Dia telah menerima dukungan dan dorongan dari pemerintah AS di sepanjang jalan.

Washington dan sekutunya, termasuk pemerintah di Ottawa, telah mendorong upaya Guaido untuk menggulingkan Maduro dengan AS yang menggalang dukungan selama kudeta yang gagal yang melihat para pendukung Guaido menyebarkan kekacauan di seluruh Venezuela pada akhir April.

Amerika Serikat, sementara itu, menyerukan penarikan prajurit Rusia dari Venezuela. Rusia memiliki sekitar 1.000 pakar militer di sana sebagai bagian dari perjanjian pertahanan bersama.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?