Peneliti Tentara Tingkatkan Keamanan Baterai dengan Kimia Katoda Baru

Sabtu, 11/05/2019 16:10 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Para ilmuwan dengan Angkatan Darat AS telah mengembangkan jenis kimia katoda baru yang membuat baterai lebih aman dan lebih efisien.

Saat ini, tentara harus secara teratur membawa baterai dengan berat antara 15 dan 20 pound. Namun berkat katoda dan elektrolit jenis baru, tentara dapat segera membawa baterai yang lebih aman dan lebih efisien dengan berat setengahnya.

Peneliti Angkatan Darat dapat meningkatkan kepadatan energi baterai lithium-ion dengan menggunakan elektrolit yang benar-benar berair. Elektrolit bebas dari logam transisi dan menawarkan penyimpanan energi berkapasitas tinggi.

"Baterai baru yang berenergi tinggi, aman, dan berpotensi fleksibel ini kemungkinan akan memberi para prajurit apa yang mereka butuhkan di medan perang: sumber energi tinggi yang dapat diandalkan dengan toleransi yang kuat terhadap pelecehan," ujar Kang Xu, ilmuwan senior di US Army Combat Capability Research Development Command`s Army Research Laboratorium dilansir UPI.

"Diharapkan untuk secara signifikan meningkatkan mobilitas dan kematian Prajurit sementara tidak mencukupi persyaratan logistik," tambahnya.

Dengan menggunakan elektrolit yang sepenuhnya berair, para peneliti dapat memasangkan katoda tegangan tinggi dengan anoda grafit potensial rendah. Jenis baru anoda memungkinkan kimia konversi-interkalasi halogen.

"Output energi baterai berbasis air yang dilaporkan dalam karya ini sebanding dengan yang didasarkan pada cairan organik yang mudah terbakar selain air, tetapi jauh lebih aman," kata ketua peneliti Chunsheng Wang. "Ini mendapat sekitar 25 persen tambahan kepadatan energi baterai ponsel biasa."

Keberhasilan pemasangan katoda komposit grafit-garam dengan anoda grafit murni memungkinkan para ilmuwan menjaga baterai mereka bebas dari unsur-unsur yang mudah terbakar dan beracun, termasuk kobalt dan nikel.

Para peneliti menyarankan kimia baterai baru mereka - dirinci minggu ini di jurnal Nature - dapat digunakan dalam situasi di mana keamanan baterai menjadi prioritas, seperti di pesawat terbang atau pesawat ruang angkasa.

"Pekerjaan ini terutama tentang konsep baru kimia katoda Li-ion, menggunakan reaksi redoks halogen - Br dan Cl dalam hal ini - untuk menyimpan biaya, dan menggunakan sifat interkalasi mereka untuk menstabilkan produk pengoksidasi kuat mereka di dalam interlayer grafit, membentuk senyawa interkalasi grafit padat, "kata Yang.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih