Alasan Olahraga Berlebihan Bikin "Payah" di Ranjang?

Jum'at, 05/04/2019 07:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com- Olahraga rutin memang sangat menyehatkan tubuh, karena akan membakar sedikit demi sedikit kalori dan jadi kiat menurutkan berat badan.

Tapi kadang saking ingin segera turun berat badan, olahraga digenjot hingga lupa diri. Nah, disaat seperti itulah maka tidak sadar akan menurunkan gairah di ranjang. Tak ayal jadi bikin "payah".

Penelitian yang pernah dimuat jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise menuliskan,  olahraga yang dilakukan terlalu berat dan sering terbukti dapat menurunkan libido pria.

Penelitian itu yakni, pria yang melakukan olahraga intensitas rendah, seperti bersepeda atau berjalan kaki, cenderung memiliki gairah seks 7 kali lebih normal atau bahkan lebih tinggi, daripada pria yang melakukan olahraga intensitas tinggi.

Untuk  durasi olahraganya maka  semakin lama berolahraga, ditambah lagi dengan olahraga yang terlalu keras, libido bisa menurun hingga 4 kali lebih cepat. Artinya, pria yang terlalu aktif berolahraga cenderung memiliki libido yang rendah dibandingkan pria yang olahraga secukupnya.

Kalau pria bikin "payah" libido, bagaimana dengan perempuan?  olahraga berlebihan juga dapat menyurutkan hormon seks pada wanita. Alasannya, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh menyebabkan siklus menstruasi para wanita jadi tidak teratur. Bahkan ada pula wanita yang tidak haid sama sekali karena keseringan olahraga.

Nah, bagaimana jika kedua pasangan melakukan olahraga berat? akan semakin susah punya anak karena dorongan seks jadi tidak maksimal. Apalagi dengan  siklus menstruasi yang tidak teratur, menyebabkan pembuahan jadi semakin sulit terjadi.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih