Tingkatkan Produktivitas Kakao, Kementan Bagikan 37 Juta Bibit

Senin, 11/03/2019 10:10 WIB

Luwu, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendorong produktivitas kakao agar terus meningkat di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk itu, kata Amran, Pemerintah akan membagikan ke seluruh wilayah Indonesia sebanyak 37 juta bibit kakao.

"Kita membagikan bibit kakao ke seluruh Indonesia sebanyak 37 juta yang anggarannya kurang lebih 2,4 triliun," kata Mentan saat mengunjungi desa Kamanre, Kecamatan Kamanre, Luwu Sulawesi Selatan, Senin (11/3).

Amran mengatakan, bantuan bibit tersebut untuk meningkatkan produktivitas hasil panen kakao. Pasalnya menurut Amran, salah satu kelemahan sektor kakao saat ini adalah kurangnya produktivitas dan pemeliharaan.

"Kelemahannya kita adalah di produktifitas, dan pemeliharaan seperti yang kita lihat pemangkasannya terlambat dan seterusnya, kita punya produktifitas hanya 0,7 ton perhektar pertahun, bahkan 0,5 ada 0,8 bervariasi," tuturnya.

"Sedangkan negara negara tetangga seperti Hanoi Vietnam terus meningkat padahal mereka itu dulu belajar dengan kita, tapi produktifitasnya karetnya tinggi 3,5 ton," tambahnya.

Adapun bibit yang disebarkan, lanjut Amran, adalah bibit-bibit terbaik yang dimiliki untuk mampu mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani.

"Kini produksi kakao juga kita harapkan 3,5 ton yang dulunya 0,7 ton jadi bisa naik 3 kali lipat, artinya apa? kalau bibit bibit unggul ini kita sebarkan ke seluruh Indonesia, produksinya nanti naik minimal 3 kali lipat, 300 persen," katanya.

"Kami fokus dua tahun terakhir ini masuk tahun ketiga kita membagikan bibit unggul, sehingga petani-petani nanti sejahtera karena pendapatannya meningkat," tambahnya.

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin