Kebocoran Data HIV Ancam Pengidap Kehilangan Pekerjaan

Sabtu, 16/02/2019 08:50 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketika ada kabar bahwa kebocoran data pasien HIV di Singapura telah terjadi, Laurindo Garcia pendiri dan CEO Be Inclusive lansung bertindak.

Garcia menjangkau Action for Aids (AFA), sebuah LSM yang melayani komunitas lokal yang paling terdampak oleh HIV, dan menawarkan bantuan.

Garcia yang merupakan CEO sebuah startup lokal berusia dua tahun itu berkomitmen untuk memberantas diskriminasi di tempat kerja.

"Apa (AFA) katakan kepada kami adalah bahwa ada banyak orang di masyarakat yang khawatir tentang pekerjaan mereka. Mereka khawatir mereka akan dipecat karena status HIV mereka akan diumumkan," kata Garcia dilansir CGTN.

"Di atas semua itu, pasti ada banyak orang khawatir tentang risiko pemerasan jika data menjadi publik, atau apakah polis asuransi orang akan dicabut," tambahnya.

Sebagai warga Australia keturunan Filipina, Garcia tidak asing dengan rasisme. Dan sebagai pria gay, ia juga menghadapi kekerasan homofobik, dan telah dipecat karena statusnya yang positif HIV. Pengalaman-pengalaman itu merupakan anteseden besar bagi pengabdiannya yang tak tergoyahkan untuk berbicara bagi yang tak bersuara.

Menyusul pengumuman kebocoran oleh Kementerian Kesehatan Singapura, ia menyusun janji dan mengumpulkan perusahaan untuk tanda tangan mereka. Enam puluh empat pengusaha telah mendukung sumpah ini sejauh ini, dari perusahaan multinasional seperti Salesforce yang berbasis di AS, hingga bisnis lokal yang lebih kecil seperti Chope.

"Pihak-pihak yang bersumpah akan berkomitmen untuk memastikan bahwa status HIV saja tidak akan menjadi dasar pemecatan, dan bahwa setiap karyawan yang dikenai diskriminasi atau pelecehan karena status HIV mereka akan menemukan dukungan di tempat kerja itu, di antara hal-hal lain," kata Pengusaha berusia 45 tahun itu.

"Tapi saya khawatir bahwa ketika berita memudar dari kebocoran data, keinginan perusahaan untuk mengambil tindakan akan berkurang juga," tambahnya.

Pada akhir Januari, pihak berwenang di Singapura mengumumkan bahwa informasi rahasia dari 14.200 orang positif HIV, termasuk nama mereka dan pasangan seksual yang dikenal, telah bocor secara online dari daftar pendaftaran HIV di republik.

Pemerintah menemukan kebocoran tiga tahun lalu, tetapi tidak memberi tahu orang-orang yang terkena dampak atau masyarakat umum. Dalam sidang parlemen bulan ini, Menteri Kesehatan Gan Kim Yong menolak tuduhan pemerintah menutup-nutupi.

"Ini bukan keputusan langsung. Di satu sisi, ada kebutuhan untuk transparan, tetapi di sisi lain, kita perlu mempertimbangkan dampak pengumuman pada orang yang terkena dampak HIV," katanya.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya