Jepang Akhiri Permusuhan dengan Rusia

Senin, 28/01/2019 22:30 WIB

Tokyo - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, akhinrya mengakhiri perseteruan yang sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun dengan Rusia.

Lewat pidato kebijakannya yang disampaikan kepada anggota parlemen negara itu pada Senin (28/1), Abe mengatakan akan menyelesaikan tantangan diplomasi pascaperang yang dihadapi Jepang.

Menurut Japan Today, Abe menyatakan tekadnya untuk menandatangani perjanjian damai dengan Rusia guna secara resmi mengakhiri permusuhan Perang Dunia II.

"Saya memiliki tekad yang kuat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak meninggalkan masalah yang tidak terpecahkan sekarang karena sudah lebih dari 70 tahun sejak perang berakhir," ungkap Abe.

Abe dan Putin mengadakan pembicaraan di Moskow pekan lalu tentang masalah ini. Keduanya menegaskan kembali rencana untuk mempercepat negosiasi perjanjian perdamaian bilateral.

Abe mengatakan bahwa Jepang akan bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan soal Korea Utara. Kedua Korea dan AS terlibat dalam upaya diplomatik untuk melakukan denuklirisasi Semenanjung Korea dan mencabut sanksi terhadap Pyongyang.

"Saya akan bertindak tegas tanpa melepaskan kesempatan untuk menyelesaikan masalah warga Jepang yang diculik oleh negara komunis puluhan tahun lalu dan program nuklir dan misilnya," kata Abe kepada parlemen Jepang.

Namun, dia tidak merujuk pada ketegangan militer yang sedang berlangsung dengan Korea Selatan di Laut Jepang.

"Kita harus memecahkan cangkang ketidakpercayaan timbal balik untuk menyelesaikan masalah nuklir dan rudal Korea Utara dan masalah penculikan yang paling penting," ujar Abe.

"Tujuannya adalah untuk menyelesaikan sejarah yang menyedihkan dengan Korea Utara dan menormalkan hubungan diplomatik," tambahnya.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih