Tiga Kapal Kargo AS Kirim Minyak ke China

Selasa, 15/01/2019 09:31 WIB

Houston – Tiga kapal kargo Amerika Serikat (AS) menuju China dari Gulf Coast dengan membawa minyak mentah. Ini merupakan keberangkatan kapal dagang pertama AS sejak akhir September, sebelum hubungan kedua negara memanas karena perang dagang.

Menurut keterangan salah seorang sumber perdagangan, kapal-kapal AS tampak meninggalkan Galveston, Texas bulan lalu, dan dijadwalkan tiba di pelabuhan China antara akhir Januari hingga awal Maret.

“Sepertinya China kembali memberi minyak mentah AS,” ujar sumber yang enggan ditulis namanya tersebut pada Selasa (15/1).

Dikutip dari Reuters, China merupakan importir minyak mentah terbesar di dunia, dan menjadi pembeli utama minyak mentah AS setelah Washington mencabut larangan pengiriman selama 40 tahun pada akhir 2015.

Tiongkok mengimpor 325.000 barel per hari mintak mentah AS dalam sembilan bulan pertama pada 2018, menurut data bea cukai AS.

Lebih lanjut, kapal super Alboran yang mengangkut dua juta barel minyak, baru-baru tampak mengelilingi Tanjung Harapan, Afrika Selatan dan dijadwalkan tiba di China pada akhir bulan ini.

Sementara Almi Atlas dan Manifa yang juga membawa dua juga barel minyak mentah, diperkirakan mencapai China pada akhir Februari hingga awal Maret. Kedua kapal itu saat ini berada di luar Brasil menurut data pelacakan Refinitiv Eikon.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu