Tersangka Neneng Sebut Mendagri Tjahjo Minta Dibantu Izin Meikarta

Senin, 14/01/2019 17:48 WIB

Jakarta - Nama Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo disebut telah meminta tersangka Bupati Bekasi Nonaktif, Neneng Hasanah agar membantu pengurusan perizinan Meikarta.

"Tolong perizinan Meikarta dibantu," ujar Neneng menirukan permintaan Tjahjo dalam persidangan dugaan suap perizinan proyek Meikarta di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat.

Mendapat arahan itu, Neneng pun mengiyakan permintaan Tjahjo Kumolo. Namun, Neneng mengatakan, hal itu harus sesuai dengan aturan yang berlaku. "Saya jawab, `baik Pak yang penting sesuai dengan aturan yang berlaku`," katanya.

Neneng menceritakan, mantan Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu permintaan itu saat berada di Jakarta untuk bertemu Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono. Saat itu, berkaitan dengan hasil rapat pleno bersama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Dalam pembahasan izin pemanfaatan penggunaan tanah (IPPT), Deddy meminta agar perizinan pembangunan seluas 84,6 hektare ditunda terlebih dahulu. Karena, Luasan proyek tersebut membutuhkan rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat.

"Saat itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menelepon Pak Soemarsono. Berbicara sebentar, kemudian telepon Pak Soemarsono diberikan kepada saya, dan Tjahjo Kumolo bilang kepada saya, `tolong perizinan Meikarta dibantu," katanya.

Pada persidangan saksi perdana, selain Neneng, jaksa dari KPK turut menghadirkan E. Yusuf Taufik selaku Kabiro Tata Ruang Pemkab Bekasi, Bartholomeus Toto, Edi Dwi Soesanto, dan Satriadi dari PT Mahkota Citra Sentosa sebagai perwakilan perusahaan pengembang Meikarta.

Mereka hadir untuk memberikan kesaksian terhadap empat terdakwa, yakni Direktur Lippo Group Billy Sindoro, Fitradjadja Purnama, Taryudi, dan Henry Jasmen.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya