Mengenal Kaki "O" pada Anak

Selasa, 08/01/2019 13:46 WIB

Jakarta - Kaki O atau bow legs merupakan salah satu kelainan yang banyak terjadi pada tungkai manusia. Pada kasus ini, lutut melengkung menjauh satu sama lain hingga membentuk huruf O.

Bentuk kaki O pada anak hingga usia dua tahun merupakan kondisi normal disebabkan pengaruh posisi janin saat di kandungan serta kelenturan urat-urat di sekitar sendi.

Seiring waktu, menginjak usia 3-4 tahun, tungkai akan menjadi lurus untuk kemudian berubah jadi huruf X (knock knees) dan berangsur lurus kembali setelah usia 6-7 tahun.

Menurut Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah Bintaro Jaya dr Faisal Mi`raj, Sp.OT perhatian lebih pada lutut anak harus dilakukan jika sudut kelengkungan tidak menghilang usai usia dua tahun atau hanya satu sisi yang melengkung.

Kondisi tersebut mungkin terjadi akibat kelebihan berat badan (obesitas) atau terlalu cepat berjalan (early walking), selain juga karena penyebab lain seperti trauma, kelainan hormonal, maupun pertumbuhan tulang.

"Keadaan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada anak terlebih dengan semakin bertambah usia, sudut kelengkungan akan bertambah besar bisa menimbulkan rasa nyeri yang muncul di sekitar lutut," papar dr Faisal.

Begitu pun dari sisi psikologis, anak dengan kondisi ini biasanya merasa tertekan karena tak jarang mendapat hinaan dari teman-teman sebayanya. 

Keyword : Kaki OLutut Anak

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China