Tesla Dirikan Pabrik Baru di China

Selasa, 08/01/2019 13:16 WIB

Beijing - Setelah empat tahun perencanaan, Tesla membangun pabrik senilai $ 5 miliar atau setara Rp72,5 triliun di pasar mobil terbesar di dunia tersebut. Namun beberapa analisis melihat bahwa waktunya mungkin tidak lebih menguntungkan.

Kepala eksekutif Elon Musk berada di Shanghai untuk meletakkan fondasi pada Senin (07/01) untuk apa yang merupakan fasilitas manufaktur mobil pembuat kendaraan listrik di luar Amerika Serikat.

Sementara acara menandai perjalanan baru Tesla dalam 15 tahun sejarahnya, ia datang pada titik di mana ekonomi China menunjukkan tanda-tanda ketegangan menyusul pertengkaran tarif dengan AS.

Miliarder-wirausahawan ini menghadapi pasar mobil yang mungkin menyusut tahun lalu untuk pertama kalinya sejak setidaknya tahun 1990-an karena ketidakpastian seputar perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia, tanda-tanda melemahnya permintaan domestik di China dan kemerosotan stok mengambil tol pada konsumen.

Pabrik China adalah hasil dari negosiasi selama bertahun-tahun dengan Beijing, dan kemenangan pribadi bagi Musk yang menghadapi bencana pada tahun 2018. Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS bergerak untuk menghukum Tesla tahun lalu setelah “pendanaan aman” Musk yang terkenal dengan “dana aman” dengan denda dan penyelesaian yang membutuhkan reformasi tata kelola perusahaan.

Dikutip The National, pabrik China lokal mungkin penting bagi Tesla, yang sedang berjuang untuk mencegah penurunan potensial dalam permintaan di rumah, pasar terbesarnya, setelah pengurangan kredit pajak federal untuk EV. Perusahaan memotong harga semua modelnya sebesar $ 2.000 untuk mengimbangi sebagian hilangnya subsidi.

Fasilitas yang dimiliki sepenuhnya juga berarti Tesla tidak perlu berbagi keuntungan dan teknologinya dengan mitra China, tidak seperti pembuat mobil asing lainnya yang diharuskan membentuk usaha patungan domestik.

Produksi dalam negeri akan membantu melindungi Tesla terhadap bea impor karena AS dan China menemukan cara untuk keluar dari kesulitan tarif. Kedua pihak telah melakukan gencatan senjata dan terlibat dalam perundingan untuk meredakan ketegangan, dengan China untuk sementara waktu membatalkan pajak pembalasan 25 persen mulai 1 Januari.

Pada puncak perselisihan, ketika China memberlakukan bea tambahan pada mobil buatan Amerika, penjualan Tesla di negara Asia, pasar terbesar kedua, jatuh ke level terendah 211 pada bulan Oktober, dari 3.552 pada bulan Juni, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg Intelligence. Pada bulan November, mereka mencatat waktu 393.

Penurunan angka bukan hanya efek langsung dari perang dagang. Kerugian stok di China tahun lalu memusnahkan lebih dari $ 2 triliun kekayaan, mengurangi selera konsumen untuk barang-barang mewah. Penjualan mobil penumpang menurun selama enam bulan berturut-turut hingga November, dan sedang menuju penurunan tahunan. Indeks utama PMI China turun di bawah 50 pada bulan Desember ke angka terendah sejak Mei 2017, menandakan melemahnya permintaan di ekonomi $ 12,2tn.

Pembuat EV Palo Alto, California yang berbasis di California menandatangani perjanjian awal pada bulan Juli dengan pemerintah Shanghai tahun lalu untuk membangun pabrik 500.000 unit di kota China. Pada bulan Oktober, dikatakan membayar sekitar $ 140 juta untuk mengamankan lebih dari 200 hektar tanah untuk Gigafactory 3 yang direncanakan.

Fasilitas ini diharapkan menghasilkan sekitar 250.000 kendaraan setiap tahun pada awalnya - Model 3 dan Model Y yang direncanakan - dan kapasitas itu akan berlipat ganda seiring waktu. Tesla, yang mengatakan berencana untuk menggunakan sebagian besar utang lokal untuk mendanai pabrik, berencana untuk memulai produksi tahun ini.

Awalnya Tesla mungkin mulai dengan fasilitas perakitan umum dan investor tidak seharusnya mengharapkan produksi akan dimulai pada 2019, menurut Maynard Um, seorang analis di Macquarie Capital.

"Meskipun ini mungkin tidak menghasilkan manfaat pengurangan tarif yang sama, kami berharap masih akan ada beberapa manfaat model, terutama karena perusahaan mengintegrasikan rantai pasokan secara vertikal di China," tulis analis dalam catatan pada 3 Januari.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu