AS Tunda Perdamaian Timur Tengah

Senin, 07/01/2019 14:40 WIB

Yerusalem – Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan membatalkan perdamaian di Timur Tengah. Demikian kata Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, Senin (7/1).

Jurnas.com melansir dari Anadolu, pernyataan itu disampaikan saat penasiah keamanan nasional Trump, John Bolton, mengunjungi Israel, Friedman mengatakan peluncuran program "kesepakatan abad ini" akan ditunda beberapa bulan.

Program kesepakatan abad ini mengacu pada rencana perdamaian jalur belakang AS di Timur Tengah, yang detailnya belum diumumkan kepada publik.

Ketua gerakan Meretz Israel, Tamer Zandberg, mengecam penundaan rencana AS itu. "Tidak jelas bagi saya pada abad berapa Trump akan mempublikasikan tentang kesepakatan abad ini," ujarnya

"Sangat menyedihkan bahwa cara Trump membantu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam pemilu adalah dengan menunda publikasi rencana, bukan dengan mendesaknya maju," sambungnya.

Menteri Kehakiman Israel, Ayelet Shaked, sebelumnya menggambarkan rencana kesepakatan abad ini sebagai upaya yang membuang-buang waktu.

Otoritas Palestina menolak mediasi AS dalam pembicaraan damai sejak Trump secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada akhir 2017, memicu kemarahan dunia.

Yerusalem masih menjadi poros konflik Timur Tengah selama puluhan tahun, karena Palestina mengharapkan Yerusalem Timur pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya