Norwegia Jadi Penjual Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Kamis, 03/01/2019 08:35 WIB

Jakarta - Federasi jalan Independen Norwegia menyebut sepertiga dari semua kendaraan baru yang dijual di Norwegia pada tahun 2018 adalah listrik, memecahkan rekor dunia untuk penjualan tersebut.

Sekitar 31 persen dari semua kendaraan yang dijual di Norwegia adalah mobil listrik, naik dari sekitar 21 persen pada 2017 dan 6 persen pada 2013.

Menteri iklim dan lingkungan Norwegia, Ola Elvestuen, telah mendorong hanya mobil tanpa emisi untuk dijual di negara itu pada tahun 2025. Pemerintah menawarkan subsidi kepada mereka yang membeli mobil listrik.

"Seharusnya selalu lebih murah untuk memiliki mobil nol-emisi daripada mobil biasa," kata Elvestuen dikutip UPI, Kamis (03/01).

Tiga dari lima kendaraan paling populer yang dijual di Norwegia pada tahun 2018 adalah mobil listrik. Nissan Leaf adalah yang paling populer, diikuti oleh BMW i3 dan Tesla`s Model X.

Oyvind Solberg Thorsen, direktur Norwegian Road Federation, mengatakan mobil berbahan bakar alternatif mengkonsolidasikan posisi kuat mereka di pasar dan ia mengharapkan lebih banyak lagi kendaraan bertenaga baterai ke depan.

"Ketika lebih banyak model mencapai pasar tahun ini, kita harus melihat bagian yang lebih besar dari kendaraan tanpa emisi dalam jumlah penjualan," katanya.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih