Trump Tarik Pasukan AS di Suriah

Jum'at, 21/12/2018 11:22 WIB

Washington - Pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) mengatakan, militer negara itu akan mengakhiri serangan udara di Suriah mengonfirmasi keputusan Presiden Donald Trump soal operasi di negara pimpinan Bashar al-Assad tersebut.

"Keputusan Trump bahwa AS akan menghentikan serangan udara," kata pejabat AS, dilansir dari Anadolu.

Namun Departemen Pertahanan AS Pentagon enggan untuk menjawab pertanyaan terkait soal ini. Pada tahap ini, Pentagon tak akan memberikan komentar baru mengenai proses penarikan tentara tersebut, kata pejabat itu.

Pada hari sebelumnya, Trump bercuit di Twitter bahwa AS telah mengalahkan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di Suriah, satu-satunya alasan kenapa tentara AS di sana selama masa kepresidenannya.

Pemerintah AS mengumumkan bahwa AS sedang bersiap menarik 2.000 pasukannya dari timur laut Suriah di mana mereka bertempur melawan ISIS (Daesh,Red).

Trump sebelumnya sudah menyuarakan niat meninggalkan Suriah namun menghadapi tekanan petinggi Pentagon dan beberapa pejabat tinggi yang berusaha mempertahankan kehadiran militer AS sampai pasukan Iran keluar.

Gedung Putih menekankan kemenangan militer melawan Daesh di Suriah tidak menandakan akhir dari koalisi global atau operasi militer. "Kami telah mulai menarik pulang pasukan AS saat kami beralih ke langkah selanjutnya dalam ekspedisi ini," kata juru bicara AS Sarah Sanders.

"Amerika Serikat dan sekutu siap untuk kembali terlibat di semua level untuk membela kepentingan Amerika kapan pun bila diperlukan," tambahnya.

Namun pernyataan itu tidak menjelaskan sejauh mana penarikan pasukan AS dan juga garis waktunya.

Laporan menyebutkan semua personil Kementerian Luar Negeri akan meninggalkan Suriah dalam 24 jam ke depan sementara pasukan AS mulai meninggalkan Suriah dalam 60 hingga 100 hari.

 

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa