Meluap Lagi Demonstran Tuntut Presiden Prancis Mengundurkan Diri

Sabtu, 15/12/2018 18:30 WIB

Paris - Gelombang demonstran baru di Prancis, yang terdiri dari warga pensiunan dan siswa sekolah menengah, mengikuti jejak Rompi Kuning menuntut kenaikan upah atas desakan beberapa serikat pekerja.

Dilansir dari Anadolu, empat serikat pekerja, CGT, FSU, Solidaires, dan FO menuntut upah yang lebih baik, layanan publik, dan perlindungan sosial yang lebih banyak.

Sejak Jumat, kelompok demonstran yang jumlahnya mencapai hampir 15.000 orang berkumpul di Republic Squrare, Paris, dan berjalan menuju Nation Square.

Mereka meneriakkan seruan-seruan menentang Presiden Prancis Emmanuel Macron dan kebijakan pemerintahnya.

Philippe Martinez, sekretaris jenderal CGT sayap kiri, mengatakan bahwa aksi protes mereka memiliki tujuan yang sama dengan Rompi Kuning dan mengajak agar mereka bergabung.

Dalam konferensi pers jelang KTT Dewan Eropa di Brussel pada Jumat, Macron menyerukan ketenangan dan ketertiban selama aksi protes. "Saya rasa demokrasi kita tak dapat menerima pendudukan publik yang disertai elemen-elemen kekerasan," ujar Macron.

Macron mengaku sudah mendengar tuntutan para demonstran. Ia pun menolak tuntutan pengunduran dirinya. "Negara kita perlu tetap tenang. Negara ini harus berjalan dengan normal lagi," tambah Macron.

Sejak 17 November, ribuan demonstran mengenakan rompi kuning dan memadati jalanan kota-kota besar Prancis untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar dan situasi ekonomi Prancis yang kian memburuk.

Para demonstran, yang umumnya tinggal di daerah pedesaan karena harga sewa yang tinggi di perkotaan, telah meminta Macron untuk memotong pajak bahan bakar dan meringankan kesulitan ekonomi yang mereka hadapi.

Harga bahan bakar di Prancis meningkat lebih dari 20 persen tahun ini.

Menurut survei baru-baru ini, 84 persen warga Prancis  mendukung aksi protes itu. Demonstrasi Rompi Kuning yang dimulai di Prancis telah meluas hingga ke negara-negara Eropa lainnya termasuk Belgia dan Belanda.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya