Kawasan Transmigrasi Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Jum'at, 14/12/2018 12:50 WIB

Bengkulu Utara - Upacara dalam rangka puncak peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) yang digelar di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Jumat (14/12) berjalan khidmat dan lancar meskipun lokasi upacara dipindahkan dari Lapangan Padang Jaya ke Aula Kecamatan Padang Jaya karena hujan yang menyebabkan lapangan tergenang air.

Dalam upacara peringatan HBT, Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PKP2Trans Kemendes PDTT) R Hari Pramudiono didaulat sebagai Inspektur Upacara mewakili Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Dalam arahannya, Hari Pramudiono menyampaikan bahwa penyelenggaraan program transmigrasi yang sudah berjalan selama 68 tahun telah berhasil membangun 3.608 satuan permukiman transmigrasi yang berada di 619 kawasan transmigrasi. Bahkan dari kawasan tersebut di antaranya telah berkembang menjadi pusat pertumbuhan baru dengan terbentuknya 1.183 desa definitif, 385 menjadi ibukota kecamatan, 104 ibukota Kabupaten dan 2 ibukota provinsi.

"Transmigrasi telah berkontribusi dalam mewujudkan kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan  pembangunan Indonesia untuk menjadi lebih sejahtera," katanya.

Lebih lanjut hari menyampaikan bahwa fokus transmigrasi saat ini salah satunya yakni mengembangkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) melalui program kemitraan di kawasan transmigrasi.

"Dalam hal ini, ada kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam pengembangan produk unggulan untuk kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitarnya," katanya.

Salah satu kolaborasi antara pemerintah dan swasta seperti pengembangan Prukades Tebu di kawasan transmigrasi Melolo Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dan Prukades komoditi Sawit di kawasan transmigrasi Bupul, Kabupaten Merauke serta pengembangan Prukades lain di daerah lainnya.

"Tercatat pada tahun 2018 total investasi melalui pola kemitraan dengan pengembangan Prukades di kawasan Transmigrasi mencapai Rp 15,97 triliun. Bukan hanya kolaborasi pemerintah dengan swasta. Kolaborasi juga dilakukan antara pemerintah pusat dengan daerah yang salah satunya adalah dengan sharing APBD dari daerah asal Yogyakarta dan Jawa Tengah kepada daerah tujuan di Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat," katanya.

Perlu diketahui, puncak peringatan HBT tahun ini digelar di Bengkulu Utara yang merupakan daerah yang tidak asing bagi transmigrasi karena Bengkulu Utara bisa terbentuk karena adanya program transmigrasi.

Hingga saat ini, di Bengkulu Utara sudah terdapat kawasan Perkotaan Baru (KPB) Lagita yang akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Bengkulu Utara.

"Sejumlah fasilitasi perkotaan untuk mendukung aktivitasi sosial ekonomi masyarakat telah tersedia di Lagita. Kami berharap, Lagita mampu berkembang lebih maju sebagai pusat agribisnis dan agroindustri dengan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antar kementerian terkait, BUMN, swasta, Pemda, Perbankan dan masyarakat melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," katanya.

Dalam upacara peringatan HBT turut hadir Dirjen PKTrans Kemendes PDTT M.Nurdin, Dirjen PKP Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini, Bupati Bengkulu Utara serta sejumlah pejabat lainnya dari forkopimda.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?