Indonesia Pimpin Klasemen Asean University Games

Rabu, 12/12/2018 21:10 WIB

Jakarta – Sebanyak 180 atlet mahasiswa Indonesia asal berbagai perguruan tinggi bertanding dalam ajang Asean University Games (AUG) 2018 di Myanmar International Convention Center 2.

Hingga Rabu (12/12) sore, kontingen Indonesia berada di peringkat puncak klasemen sementara, dengan perolehan delapan emas, empat perak, dan enam perunggu.

Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Didin Wahidin yang mendampingi para atlet Tanah Air mengatakan, Indonesia mengikuti 13 dari 17 cabang olahraga.

Adapun cabang olahraga yang diikuti yakni wushu, badminton, voli, renang, catur, sepak takraw, atletik, dayung, panahan, bola basket, pentaque, karate, dan vovinam.

“Melalui ajang ini diharapkan menambah pengalaman bertanding bagi para atlet, sehingga ke depannya dapat menambah prestasi dan mengharumkan nama bangsa,” ujar Didit lewat siaran pers yang diterima redaksi.

AUG 2018 merupakan ajang olahraga tingkat mahasiswa yang digelar pada 8-20 Desember. Kompetisi ini mempertandingkan 17 cabang olahraga, untuk memperebutkan total 1.897 medali yang terdiri dari 587 emas, 587 perak, dan 723 perunggu.

Dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Myanmar U Myint Swe, upacara pembukaan dilaksanakan di gedung Wunna Theikdi Sports Complex Indoor Stadium.

Dalam sambutannya, U Myint Swe meminta peserta mengedepankan keakraban dan rasa solidaritas negara-negara anggota, khususnya generasi muda.

Menurut Wapres Myanmar, pertandingan olahraga juga memberikan kesempatan bagi atlet untuk menunjukkan bakat dalam bidang olahraga di wilayah ASEAN, dan memberikan kesempatan bagi para atlet untuk dapat berinteraksi dan bertukar budaya dengan sesama anggota ASEAN.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya