Kim Jong Un Tak Kunjungi Korsel Tahun Ini

Senin, 10/12/2018 08:30 WIB

Seoul - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kemungkinan besar tidak akan mengunjungi Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada tahun ini.

Hal ini mengemuka lewat penuturan seorang pejabat di kantor kepresidenan Korea Selatan, yang berbicara kepada stasiun TV Korea, YTN, pada Senin (10/12).

Dilansir dari Reuters, muncul spekulasi Kim akan mengunjungi Seoul sebelum akhir tahun, setelah Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyetujui perjalanan tersebut selama pertemuan September mereka di Pyongyang.

Sebelumnya Moon telah mengunjungi Pyongyang, pada September lalu. Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin negara membicarakan hubungan antar-Korea, hingga denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sementara pertemuan Korut dengan Amerika Serikat masih tetap direncanakan tahun depan, setelah Wakil Presiden AS Mike Pence menyampaikan rencana itu pasca KTT Asean di Singapura pada November lalu.

Kim juga diketahui telah mengirim sepucuk surat kepada Presiden AS Donald Trump, yang berisi ajakan untuk menggelar pertemuan kedua, setelah KTT perdana mereka di Singapura.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih