Waspada Skin Care Palsu, Kenali Ciri-cirinya

Senin, 10/12/2018 02:09 WIB

Jakarta - Ramai skincare, kosmetik yang ilegal dan oplosan belakang ini membuat konsumen lebih jeli lagi dalam memilih produk perawatan kulit yang aman dengan kandungan aman yang tidak berbahaya bagi kulit.

Memilih skin care bisa dibilang adalah hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya di pasaran saat ini sudah ada banyak sekali produk skin care dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sayangnya di pasaran baik offline maupun online, tidak sedikit produk merupakan krim abal-abal yang berbahaya untuk kulit wajah karena di dalamnya terdapat kandungan bahan kimia berbahaya.

Nah, agar Anda lebih waspada lagi kenali ciri-ciri skincare ilegal dan berbahaya sebelum Anda membeli seperti yang dilansir dari laman BPOM:

1. Packaging

Packaging dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya. Tapi, meski packaging sudah dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya, tetap ada yang beda kalau dibandingkan dengan produk aslinya.

Perbedaannya bisa dilihat dari hal-hal kecil seperti warna, ukuran font, sampai tekstur dan hasilnya.Cek lagi apakah produk tersebut pernah dirilis oleh perusahaan yang bersangkutan atau tidak.

2. Harga Lebih Murah

Krim skin care berbahaya atau abal-abal biasanya ditawarkan dengan harga yang murah dan tidak masuk akal. Hal ini wajar karena bahan yang digunakan tidak jelas dan bahan murahan untuk menciptakan sebuah krim sehingga bisa menawarkan harga yang murah.

Sasaran utama untuk krim berbahaya seperti ini biasanya adalah orang-orang yang ingin mendapatkan kulit wajah putih tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak biaya

3. Hasil Instan

Produk krim wajah abal-abal selain ditawarkan dengan harga yang murah juga memberikan janji berupa hasil yang instan misalnya hanya dalam waktu 3 hari atau maksimal 2 minggu.

Kecenderungan para konsumen yang ingin mendapatkan hasil instan dan cepat inilah yang membuat produk cream pemutih abal-abal tetap laku di pasaran meskipun sudah banyak wajah yang rusak atau bermasalah karena memakai produk abal-abal tadi.

4. Tekstur lengket

Krim wajah yang tidak aman biasanya memiliki tekstur yang lengket dan sulit tercampur rata ketika dioleskan di wajah. Hal ini disebabkan karena biasanya proses produksi krim tersebut dibuat dengan campuran bedak

5. Hasil Putih Pucat atau Keabu-abuan

Krim wajah yang berbahaya tidak hanya sekadar memberikan hasil putih instan tetapi putih yang dihasilkan juga tidak terlihat alami yaitu seperti topeng atau putih pucat. Bahkan ada yang hasilnya terlihat putih keabu-abuan.

Hal ini disebabkan karena kandungan bahan merkuri mengikis jaringan kulit. Anda tentu sering melihat ada orang yang wajahnya sangat putih sementara leher dan lengannya berwarna gelap. Itu merupakan salah satu indikasi bahwa orang tersebut memakai krim yang berbahaya

6. Menyebabkan Ketergantungan

Ketika seseorang memiliki ketergantungan terhadap penggunaan krim wajah tertentu, maka ini merupakan tanda bahwa produk yang digunakan adalah krim yang tidak aman atau berbahaya.

Saat menggunakan krim wajah yang menimbulkan efek ketergantungan, efek yang dihasilkan biasanya terlihat putih bersih. Tetapi ketika pemakaian dihentikan, wajah biasanya akan bermasalah seperti mengalami bintik – bintik, flek hitam, kemerahan, kusam, dan bahkan berjerawat.

7. Memiliki Aroma Sangat Wangi

Krim wajah yang berbahaya atau mengandung merkuri biasanya memiliki aroma logam yang menyengat. Produsen krim tersebut menyiasati hal ini dengan memberikan banyak parfum sehingga wanginya sangat menyengat untuk menyamarkan aroma logam dari merkuri.

8. Wajah Kembali Gelap Setelah Pemakaian Dihentikan

Krim abal-abal biasanya memberikan hasil yang tidak permanen dan justru berdampak buruk jika digunakan untuk waktu jangka panjang. Biasanya ketika pemakaian dihentikan, wajah akan kembali terlihat gelap dan justru mengalami masalah yang sebelumnya belum pernah dialami.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih