"Tresno" Cinta Seutuhnya dari Bramanta Wijaya

Minggu, 09/12/2018 15:01 WIB

Jakarta - Sebagai penutup dari trilogi rangkaian koleksi Bramanta Wijaya yang bicara tiga esensi hidup manusia yakni iman, pengharapan, dan kasih, "Tresno" menjadi bagian akhir dari tiga esensi ini.

Tresno yang berarti cinta dalam bahasa Jawa, menjadi tali yang saling mengaitkan dua esensi lainnya; iman dan pengharapan.

"Saya ingin mengungkapkan rasa cinta pada Tuhan, keluarga, sahabat dan akar budaya saya," ujarnya sebelum show dimulai di Jakarta, Jumat (7/12).

Kecintaan Bramanta pada akar budaya terefleksi lewat simbol-simbol yang diterjemahkan dalam motif dan potongan baju.

"Peranakan kebanyakan diterjemahkan ke Tionghoa, padahal itu artinya dua budaya berbeda yang menikah dan saling membawa tradisi masing-masing. Sebut saja ada Melayu, Tionghoa dan Eropa," ungkapnya.

Ketiga budaya tersebut menjadi paduan bahasa yang kaya dan mudah untuk dipadukan karena cinta yang mendalam pada akar budaya.

Hal inilah yang menjadikan Tresno sebagai koleksi yang sarat akan cinta terhadap budaya Indonesia yang majemuk.

Sebagai pamungkas, Bramanta ingin menyampaikan Tresno sebagai cinta seutuhnya, bukan sekadar kata cinta. Tidak sesimpel mencintai dengan perjalanan yang mulus tapi sudah disiapkan dan melalui prosesnya. Meski pernah menyerah tapi kembali menuju mencintai yang utuh.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?