Iran Tolak 11 Kali Tawaran Negosiasi AS

Rabu, 05/12/2018 11:15 WIB

Tehran - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sudah 11 kali melakukan upaya negosiasi dengan Iran dalam dua tahun terakhir, semua ditolak Teheran. Demikian kata Presiden Iran, Hassan Rouhani Selasa (4/12) waktu setempat.

"Jika Anda berpikir Amerika menang, ketahuilah bahwa saat ini Iran menang dan Trump telah dikalahkan," kata Rouhani dalam laporan yang dilaporkan oleh kantor berita Republik Islam Iran (IRIB).

"Tahun lalu Amerika meminta negosiasi delapan kali secara langsung dan tahun ini tiga kali secara tidak langsung yang kami tidak terima atas dasar martabat warga Iran," tambahnya.

Rouhani juga tidak mengatakan subjek mana yang ingin dinegosiasikan AS.

Pada Juli Presiden Donald Trump mengatakan bersedia bertemu Rouhani tanpa prasyarat untuk membahas bagaimana meningkatkan hubungan setelah ia menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir 2015.

"Jika mereka ingin bertemu, kami akan bertemu," kata Trump kala itu.

Pejabat senior Iran dan komandan militer menolak tawaran Trump  tidak berharga. Ia mengatakan, kata-kata Trump bertentangan dengan tindakannya menerapkan kembali sanksi terhadap Tehran.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan