Putin Sebut Ukraina Tak Jelas

Minggu, 02/12/2018 09:25 WIB

Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dia terbuka untuk berbicara dengan Presiden Ukraina Pyotr Poroshenko ketika tekanan meningkat secara internasional terhadap Rusia untuk membebaskan tiga kapal angkatan laut dan 24 pelaut yang ditangkap Minggu lalu.

Dalam komentar yang dibuat selama konferensi pers di KTT G20 di Buenos Aires, Putin mengatakan dia tidak melihat masalah langsung berbicara dengan Poroshenko tetapi mengeluh bahwa presiden Ukraina belum jelas dalam berkomunikasi dengannya.

"Mengenai kontak tingkat atas, saya tidak menentang mereka," kata Putin tentang pembicaraan dengan Poroshenko dilansir UPI.

"Ya, memang, pembicaraan belum terjadi, tetapi ini tidak berarti bahwa kami menghentikan semua kontak. Namun, sulit untuk berkomunikasi, karena tidak jelas apa yang harus dibicarakan," tambahnya.

Rusia menuduh bahwa tiga kapal angkatan laut Ukraina berlayar ke perairan teritorialnya di Selat Kerch 27 November lalu. Rusia menyita kapal-kapal itu dan membawa para pelaut itu ke dalam tahanan, mengancam akan mengadili mereka.

Para pejabat Ukraina telah membantah bahwa kapal-kapal itu berada di perairan Rusia dan mereka memiliki hak untuk berlayar melalui Selat Kerch. Tindakan tersebut telah membawa kecaman dari Amerika Serikat dan banyak negara Barat.

Sehari sebelum KTT G20 dimulai, Presiden Donald Trump membatalkan pertemuan yang direncanakan antara dia dan Putin, mengutip insiden itu sebagai alasannya.

"Berdasarkan fakta bahwa kapal-kapal dan pelaut belum dikembalikan ke Ukraina dari Rusia, saya memutuskan bahwa akan lebih baik bagi semua pihak yang berkepentingan untuk membatalkan pertemuan saya yang dijadwalkan sebelumnya," tulisnya.

"Saya menantikan KTT yang berarti lagi segera setelah situasi ini diselesaikan!"

Meskipun membatalkan pertemuan, sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders menegaskan bahwa Trump dan Putin tidak berbicara secara informal pada jam makan malam Jumat selama jamuan makan budaya untuk para peserta G20 dan pasangan mereka di teater Teatro Colon.

"Seperti biasa di acara multilateral, Presiden Trump dan ibu negara memiliki sejumlah percakapan informal dengan para pemimpin dunia pada jam makan malam tadi malam, termasuk Presiden Putin," kata Sanders.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore