Enam Hal yang Baru di Muslim Fashion Festival 2019

Senin, 26/11/2018 16:05 WIB

Jakarta - Tahukah Anda? Indonesia terbukti memegang peranan penting dalam perkembangan fashion muslim global. Perhelatan Muslim Festival Indonesia (Muffest) menjadi langkah konkret untuk memajukan industri Fashion muslim Indonesia dan mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

Tahun 2019 nanti Muffest telah menjadi perhatian dan partner pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM,. Serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam mewujudkan goal tersebut.

Selain berpartner dengan pemerintah Muffest tahun 2019 juga miliki perbedaan lainnya seperti berikut ini:

1. Konsep

Menurut National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma tema besar Muffest 2019 mengacu pada Tren Forecasting yang menjadi panduan arah mode tahun depan.

Tema besar Singularity terbagi menjadi Exuberant, Neo Medival, Cortex, dan Svarga.

"Jadi kalau suka gaya etnik masuk ke Svarga, gaya bold dan berani masuk Neo Medival, gaya milenial masuk Cortex, gaya elegan masuk ke Exuberant. Tapi tetap secara keseluruhan artificial intelligent yang akan mendominasi ke depan," papar Ali usai ditemui di launching Muffest 2019 di Jakarta, Senin (26/11).

2. Tema ambience

Perbedaan dengan Muffest tahun lalu yang lebih banyak mengusung kearifan lokal, maka untuk tahun ini akan lebih fokus pada Cortex yang mengangkat semangat Milenial.

"Konsep Cortex mengacu padak ecanggihan teknologi sudah berbaur dengan kehidupan sehari-hari. Warna- warna dingin seperti putih, abu-abu, cuttingnya juga simpel," ucapnya.

3. Acara

Kalau presentasi penyajian untuk fashion show tidak jauh berbeda. Yang menbedakan seperti sport wear tahun depan lumayan dapat highlight muslim sport wear.

"Maksudnya bukan yang dipakai olahraga aja tapi gaya sehari hari yang sporty. Nanti kan ke depannya jg akan banyak budaya traveling. Jadi bagaimana supaya nggak panas. Masih banyak orang orang liburan di tempat liburan pakai busana syari tapi pakai polyester yang kurang nyaman," ucap Ali.

Acara akan dikonsep mulai dari modest young, makeup dan hijab do, next face, catch your style, vlogger competition, dan mix and match.

4. Runaway

Selain menampilkan Rancana para fashion desainer dalam mode ready to wear, kali ini juga akan ada fashion textile dan fashion presentation.

"Kalau konsep detail panggung sih belum tapi pengennya beda ya kalau tahun lalu kan lurus-lurus saja, mungkin bisa melingkar atau ada interaksi dengan penonton.

Tahun ini kata Ali mungkin pada bawa properti sendiri dengan tema masing masing. Kalau tema street style mungkin panggung juga akan di set up beda.

5. Target visitor

Ali menargetkan naik sebanyak 20.000 lebih banyak dari tahun lalu yang berhasil meraih hingga 46.153 visitors.
"Kalau bisa sih inginnya sampai 80.000 ribu pengunjung, makanya kita lakukan strategi mengandeng banyak pihak untuk menarik pengunjung," tandasnya.

6. Lokasi
Kalau sebelumnya di Plenarey Hall Jakarta Convention Center tahun depan akan pindah ke Assembly Hall dengan dua konsep stage, mini dan main stage.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore