Pengetahuan Tak Perlu Diajarkan di dalam Kelas

Minggu, 18/11/2018 11:10 WIB

Jakarta – Sudah bukan masanya lagi seorang guru mengajarkan ilmu pengetahuan (knowledge) kepada siswanya, saat berdiri di depan kelas. Pasalnya, pengetahuan dewasa ini sudah bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, berkat kecanggihan teknologi internet.

“Sekarang kan bebas, knowledge bukan sesuatu yang eksklusif, tapi komoditi,” kata pemerhati pendidikan Yandramin Halim pada Sabtu (17/11) di Jakarta.

Bagi Yandramin, hal terpenting diajarkan oleh seorang guru kepada siswa ialah cara menumbuhkan nalar kritis dan daya kreatif. Sebab kedua hal itu merupakan komponen penting, di saat robot dan mesin mulai menggantikan peran manusia.

Yandramin menyoroti metode menghafal yang masih banyak dipakai oleh para guru saat mengajar di kelas. Menurutnya, cara ini harus diubah, karena apa yang siswa ketahui lewat kegiatan menghafal, tak lebih dari sebatas hafalan.

“Skill yang harus ditransfer itu skill cara berpikir, bernalar kritis. Misalnya, pelajaran geografi bikin pertanyaan kenapa penduduk jakarta semakin padat? Ini mengajak anak berpikir kritis, memecahkan masalah,” terangnya.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih