Alasan Mengapa Hari Ini Diperingati Hari Ayah

Senin, 12/11/2018 11:05 WIB

Jakarta - Tahukah Anda jika Hari Ayah dirayakan di berbagai daerah dunia sebagai penghargaan terhadap konsep dan figur ayah untuk kehidupan anak-anak mereka.

Gagasan tentang Hari Ayah ini berawal dari seorang wanita bernama Sonora Pintar Dodd yang terinspirasi oleh perayaan Hari Ibu di Amerika. Sejak itu, Hari Ayah mulai dirayakan pada bulan Juni tahun 1910 di Amerika Serikat. Kebiasaan ini lalu menginspirasi negara-negara lain untuk merayakan hari yang sama.

Disarikan dari Wikipedia, Hari Ayah terkonsep untuk menghormati peran ayah. Di Amerika dan lebih dari 75 negara lainnya, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong, peringatan Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan pada Ahad di pekan ketiga Juni.

Di puluhan negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Biasanya, masih kata Wikipedia, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. 

Selain semua itu, Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men`s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap 19 November.

Pada hari ini Google Doodle juga turut memperingati Hari Ayah. Nah, bagi warga Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional mungkin masih asing. Peringatan Hari Ibu yang dirayakan saban tahun setiap 22 Desember, barangkali lebih populer.

Menilik ceritanya di Indonesia Hari Ayah dirayakan saban 12 November, seperti pernah diploklamasikan di Solo, Jawa Tengah pada tahun 2006.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios