Donor Darah Kini Bisa jadi Gaya Hidup

Selasa, 09/10/2018 11:01 WIB

Jakarta – Bencana gempa dan tsunami yang baru-baru ini melanda wilayah Sulawesi Tengah menyisakan luka mendalam untuk tanah air. Jutaan simpati dan bantuan pun terus berdatangan untuk para korban terdampak bencana, salah satunya dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Mengingat banyaknya korban yang membutuhkan bantuan donor darah, PMI terus mengampanyekan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup (lifestyle) untuk menarik minat masyarakat membantu sesama lewat setetes darah yang diberikan.

Sebelumnya, setiap tahun PMI menargetkan hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional, disesuaikan dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2 persen dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.  

Selain bisa mendonorkan darah melalui 211 Unit Donor Darah (UDD) di 210 kabupaten dan kota se-Indonesia, PMI juga menyediakan kemudahan lainnya.

Sejak pertengahan Juni 2010, PMI telah membuat Gerai Donor Darah dengan harapan akan memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya di tempat-tempat publik dan pusat-pusat keramaian di tengah kota, yaitu Mal dan Kampus.

PMI juga menggandeng para mitra kerjanya untuk membantu menyediakan mobil donor darah ini yang akan disebar di UDD PMI di 34 provinsi. Dengan adanya mobil donor darah ini, akan tercapai penyediaan darah rutin dan mencukupi kebutuhan sampai dengan 4 hari di seluruh Indonesia.

Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, Penguin Indonesia bekerjasama dengan PMI menyelenggarakan kegiatan sosial Donor Darah di Kantor Pusat Penguin Indonesia di Jalan Kapuk Kamal Muara, Jakarta pada Selasa (9/10).

Andi Hermawan selaku Head of Marketing Communications and Customer Care PT Penguin Indonesia mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya membantu kebutuhan darah di Jakarta dan tempat lain yang membutuhkan. “Untuk mewujudkan kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain,” katanya.

Menurut Andi, kegiatan donor darah ini dilakukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan stok darah secara nasional. “Aksi nyata sumbangsih dari karyawan dan manajemen Penguin Indonesia kepada bangsa Indonesia,” tutur Andi.

Melalui kegiatan donor darah ini, diharapkan muncul kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya sikap tolong menolong. Kegiatan sosial donor darah ini merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan Penguin Indonesia.

Beberapa Program CSR Penguin Indonesia lain dilakukan dalam bentuk bantuan pendidikan, keagamaan, seni, dan olah raga. Serta membantu para korban bencana alam, baik melalui aksi tanggap darurat maupun program-program bantuan rehabilitasi.

 

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih