Tujuh Bank Sentral Eropa Buka Akses Keuangan untuk Iran

Sabtu, 29/09/2018 21:30 WIB

Tehran -  Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif mengatakan,  tujuh bank sentral  Eropa  sepakat membuka akses keuangan khusus untuk mempermudah perdagangan dengan Iran.

Zarif mengatakan,  tujuh bank sentral itu telah sepakat untuk membentuk mekanisme khusus dan memuji upaya yang diajukan oleh Perancis, Jerman, Rusia, pejabat AS dan Uni Eropa.

"Pada langkah berikutnya, bank-bank sentral Eropa akan meningkatkan mekanisme untuk struktur perusahaan," kata Zarif.

Berbicara di televisi negara, Zarif mengatakan, pembentukan mekanisme akan memakan waktu tetapi Iran akan menyelesaikan bagiannya dengan cepat.

Zarif mengutip kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini yang mengatakan bahwa saluran itu tidak hanya akan digunakan dalam perdagangan dengan Iran tetapi juga dengan mitra bisnis lainnya dari Teheran.

Saluran tersebut bertujuan untuk menghindari sanksi Gedung Putih secara sepihak terhadap Iran. (aa)

TERKINI
Selalu Spektakuler, Zendaya Masih Bingung Pakai Gaun Apa di Met Gala 2024 Pendapatannya Jauh Beda dengan Taylor Swift, Travis Kelce Disebut Miskin Emily Blunt Puji Taylor Swift Bisa Membangkitkan Kepercayaan Diri Putri Sulungnya Suka Berkencan dengan `Berondong`, Cher Ungkap Pria Seusianya Sudah Banyak yang Mati