Ditjen PDT Gandeng Offtaker Kembangkan Jagung di Tojo Una-una

Jum'at, 17/08/2018 12:10 WIB

Tojo Una-Una - Persoalan pengembangan ekonomi lokal sampai saat ini masih terdapat kendala yang harus diatasi. Oleh karena itu pemerintah terus memberikan perhatian dan dukungan nyata terhadap upaya-upaya yang mengarah pada solusi permasalahan tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Bahartani Lamakampali dalam acara "Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Dukungan Pemasaran di Bidang Pertanian" yang dilaksanakan di Hotel Ananda, Kabupaten Tojo Una Una, Selasa (14/8).

Menurut Bahartani, dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal harus dilakukan koordinasi kebijakan, keterpaduan perencanaan, dan sinkronisasi program secara bersama sehingga dapat tercapai suatu optimalisasi dalam pelaksanaannya.

"Kita semua sepakat dan mengetahui bahwa masyarakat petani menantikan hasil kerja nyata kita, sehingga mereka mempunyai kepastian usaha dan pendapatan, memperoleh kesempatan kerja, serta dapat menikmati hasil pembangunan di bidang ekonomi sebagaimana kita cita-citakan," ujar Bahartani.

"Namun harapan tersebut tentu tidak mungkin dapat terwujud tanpa upaya, perjuangan, serta kerja keras kita semua. Oleh karena itu, semua pihak harus mampu berperanserta, berupaya dan bekerja sama, sesuai kemampuan dan perannya masing-masing," lanjut Bahartani.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal, khususnya dalam pemasaran hasil pertanian jagung, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una, dengan menggandeng PT. Hexa Agro Indonesia selaku offtaker, dan BNI untuk memberikan KUR kepada 382 petani di Tojo Una Una sekaligus pengukuhan 4 BUMDes sebagai Agen46 BNI.

Dengan menggandeng offtaker, nantinya hasil panen jagung para petani akan dibeli dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan menjual kepada tengkulak/pengumpul.

Melalui kerja sama ini juga akan didorong pengembangan BUMDes, pelaksanaan sistem perdagangan, pelaksanaan permodalan ekonomi, dan pelaksanaan pengembangan usaha ekonomi di Kabupaten Tojo Una Una.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya