Menteri Amran Imbau Masyarakat Tak Asal Pilih Hewan Kurban

Jum'at, 03/08/2018 19:15 WIB

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menghimbau masyarakat agar membeli daging kurban yang memenuhi standar kesehatan. Itu disampaikan pada acara Publik Awarness: Pemotongan Hewan Kurban 1439 Hijriah, di Jakarta Timur, Jumat (3/8).

Menurut Amran, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam penyembelihan hewan kurban, di antaranya, kesehatan, proses penyembelihan, dan pendistribusian daging ke mustahiq (orang yang berhak).

"Kesehatan hewan saat ini menjadi syarat pertama yang harus diperhatikan kita semua, mengingat banyak sekali penyakit hewan. Penyediaan daging hewan yang sehat adalah tanggung jawab bersama," ujar Amran.

Karena itulah,  kata Amran, melalui kesempatan yang baik ini, Kementan menghimbau masyarakat yang ingin berkurban agar membeli hewan kurban di tempat yang telah diawasi dan  dijamin kesehatannya oleh dokter hewan.

"Saya juga mengimbau  kepada dokter hewan dan petugas kesehatan hewan baik di tingkat pusat maupun di daerah  untuk terus melakukan pengawasan hewan kurban, hingga pendistribusiannya ke tempat-tempat penjualan hewan," tegas Amran.

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu menerangkan bahwa menjaminan kesehatan hewan saat ingi sangat penting sebagai upaya menjaga penularan penyakit hewan ke manusia.

Sehunungan dengan pemotongan hewan pada Idhul adha yang bertepatan dengan Asian Games, jebolan UNHAS itu menghimbau seluruh masyarakat, khusunya DKI Jakarta agar melakukan pemotongan sesuai dengan ketentuan teknis yang diatur pada Undang-undang Republik Indonesia 2014, tentang pemotongan kurban.

"Terakhir, saya meminta  kepada Dirjen PKH  beserta jajarannya untuk terus membangung komunikasi dengan dinas yang terjait, Majelis Ulama, Kementerian Agama, dan Perguruna Tinggi Fakultas Kesehatan Hewan, untuk bersama-sama mengerahkan sumberdayanya membantu dan mengawasi pemotongan hewan, baik sebelum memotong, akan memotong hingga telah diptong," kata Amran mengakhiri sambutannya.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa