Perbankan India Heboh, Ditemukan Tikus Mati di Mesin ATM

Jum'at, 22/06/2018 17:18 WIB

India - Pihak perbankan di India sedang melakukan penyelidikan dengan memanggil tehnisi bank terkait tidak berfungsinya  ATM alias Anjungan Tunai Mandiri) di negara itu selama beberapa hari.

Beberapa hari kemudian disambangi tehnisi, tercium bau tikus dalam mesin. Mereka membongkarnya. Ternyata ditemukan tikus mati dan bekas kunyahan uang kertas rupee India yang nilainya setara 18.000 dolar AS.

Seorang pejabat bank India mengatakan, para tehnisi masih belum menemukan cara tikus itu masuk dalam mesin ATM. Bahkan saat dicek melalui keamanan keamanan, tak ada jejak tikus masuk dan mengunyah uang kertas.

"Mesin ATM tak berfungsi selama beberapa hari dan ketika teknisi kami buka anjungan itu, kami kaget menemukan kepingan-kepingan uang kertas sampai ada yang hancur dan seekor tikus mati," kata Chandan Sharma, manajer cabang SBI di Tinsukia, Assam, negara bagian di timur laut India.

Dari situlah, kata Chandan, mulai menyelidiki insiden yang jarang terjadi ini. "Akan mengambil langkah-langkah agar jangan terulang lagi," ujarnya.

SBI merupakan bank terbesar di India dengan lebih 50.000 ATM yang tersebar di seluruh negara itu. Sebagian besar ATM di India memiliki kamera tersembunyi yang dipasang untuk alasan keamanan.

Sharma mengatakan rekaman di kamera di ATM di Tinsukia menunjukkan tak ada tikus masuk. Dari 2,9 juta rupee (42,685 dolar AS) di ATM itu, 1,7 juta rupee (25,022 ditemukan dalam keadaan utuh.

Tetapi uang kertas senilai 1,2 juta rupee (17,662) rusak. Foto-foto yang diambil wartawan setempat dan dikaji oleh Reuters setelah mesin ATM dibuka memperlihatkan kepingan-kepingan uang kertas bernilai 500 dan 2000 rupee berwarna abu-abu dan ungu. (Reuters)

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu