Penuhi Nutrisi Si Kecil Saat Berpuasa

Minggu, 12/05/2019 10:36 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Saat si kecil berpuasa, ibu sebaiknya tetap cermat  dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikut adalah tips penuhi nutrisi anak saat berpuasa.

Saat sahur:

- Berikan si kecil makanan yang mampu menopang kebutuhan energinya selama berpuasa. Karbohidrat seperti nasi merah, gandum utuh dan kentang rebus akan baik untuk sistem pencernaan si kecil.

- Penuhi kebutuhan proteinnya baik dengan kacang-kacangan maupun hidangan seperti daging ayam atau daging ikan.

- Susu

- Cukup mengonsumsi air mineral

Saat berbuka puasa:

- Berikan anak pilihan buah kesukannya, seperti pepaya, pir, mangga ataupun kurma untuk mengembalikan kadar gula di dalam tubuhnya dan menghidrasi kembali tubuhnya.

- Biasakan si kecil berbuka puasa dengan sup bening, yang berisi variasi sayur-mayur. Ini akan baik untuk kesehatan pencernaannya sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Tips sehat si kecil di bulan ramadan

- Berikan si kecil hidangan berbuka dalam porsi yang kecil agar sistem saluran cernanya tidak kaget.

- Pastikan ia cukup mengonsumsi air mineral selama waktu malam.

- Jangan berikan si kecil makanan yang bisa mengundang gangguan pencernaan, seperti makanan yang terlalu berminyak, pedas maupun terlalu berlemak.

TERKINI
KPK Periksa Dirut PT Taspen Terkait Korupsi Investasi Fiktif Kejagung Periksa 3 Pegawai Kementerian ESDM Terkait Korupsi Timah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Penuhi Panggilan KPK Dewas KPK Sudah Periksa Alexander Marwata: Tidak Ada Pelanggaran