Dewas KPK Sudah Periksa Alexander Marwata: Tidak Ada Pelanggaran

Selasa, 07/05/2024 11:26 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menyatakan sudah memeriksa Wakil Ketua KPK Alexander Marwata terkait dugaan penyalahgunaan pengaruh membantu memutasi pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Anggota Dewas KPK, Harjono mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan pimpinan KPK tersebut.

"Ya itu sudah kita periksa, tapi dari hasil pemeriksaan memang nggak ada pelanggaran," kata Harjono kepada wartawan, Selasa 7 Mei 2024.

Selain itu, Harjono juga menyebut, Alex juga sudah dipanggil sebagai saksi oleh Dewas pada Kamis 2 Mei 2024. Hanya saja, Nurul Ghufron sebagai terlapor tidak menghadiri persidangan.

"Tapi karena Pak Ghufronnya enggak hadir, ya enggak jadi didengar," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Harjomo juga menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku terhadap Nurul Ghufron.

Sidang akan digelar pada 14 Mei 2024, meskipun Nurul Ghufron tidak hadir. Surat pemberitahuan sidang bakal dikirim kepaa Ghufron.

"Nanti diberi tahu ada pemberitahuan kalau ada enggak hadir tanggal itu, sidang dilanjut," kata Harjono, kepada wartawan, Senin 6 Mei 2024.

Hal senada disampaikan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan. Tumpak mengatakan Dewas tidak mempermasalahkan jika nantinya gugatan Ghufron yang sebelumnya diajukan oleh Ghufron, diterima PTUN.

"Ya nanti kita rapatkan, majelis akan rapat nanti. Kalau dia (Ghufron) enggak datang. Oh, kita gelar," ucapnya.

TERKINI
Video CCTV Beredar, Fans Jijik dengan Aksi Kekerasan Sean Diddy Combs terhadap Cassie Ventura Cassie Ventura `Disiksa` Sean Diddy Combs, Inilah Fakta Tuduhan Pelecehan Seksual Selama Satu Dekade Pukuli Cassie Ventura, Alex Fine Sindir Sean Diddy Combs `Bukan Seorang Pria` Rapper 50 Cent Hujat Sean Diddy Combs yang Memukuli Cassie Ventura di Hotel