Trasplantasi Stem Cell Bisa dari Darah Tali Pusat

Jum'at, 27/04/2018 19:10 WIB

Jakarta - Sel punca pada darah tali pusat telah berhasil membantu terapi penyakit berbagai penyakit seperti Leukemia, Anemia Aplastik, dan lain-lain. Penyakit Thalassemia menjadi salah satu penyakit yang dapat disembuhkan berkat transplantasi sel punca pada darah tali pusat.

Dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA menceritakan pengalamannya dalam melakukan transplantasi stem cell yang bersumber dari sum sum tulang belakang untuk kasus leukemia di Italia pada tahun 2012. "Selain dari sumsum tulang belakang, stem cell juga dapat berasal dari darah tali pusat yang disimpan," jelas dr. Edi pada sesi talkshow Experts Talk Baby’s Umbilical Cord: Enhancing Quality of Life oleh Cordlife di Jakarta, Kamis (26/4).

Dr. Ardiansjah Dara, SpOG menyebutkan bahwa stem cell dari darah tali pusat ini dapat digunakan untuk diri sendiri dan orang Iain. "Kasus keberhasilan terbaru yang saya baca adalah penggunaan stem cell milik dirinya sendiri untuk kasus Cerebral Palsy dan untuk kasus thalassemia yang berasal dari milik saudaranya. Dari kasus tersebut, lanjut ia menunjukkan bahwa stem cell memberikan dampak yang baik dalam perkembangan kesehatannya," jelasnya.

Dr. Dara mengingatkan jangan sampai para orangtua yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hatinya kehilangan kesempatan untuk menyimpan darah tali pusat bayinya yang hanya dapat dilakukan sesaat setelah bayi dilahirkan.

dr. Meriana Virtin penasihat medis Cordlife mengatakan, penting untuk menyimpan stem cell stem cell yang bersumber dari darah tali pusat. "Karena stem cell yang berasal dari darah tali pusat memiliki kelebihan yaitu proses pengambilannya tidak menyakitkan, dan tersedia langsung jikalau dibutuhkan segera," katanya.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu