Inovasi Campina Dalam Mengurangi Pemanasan Global

Senin, 23/04/2018 00:30 WIB

Jakarta - Gaya hidup vegetarian mendorong masyarakat semakin sadar terhadap kelestarian lingkungan, termasuk perusahaan es krim, PT Campina Ice Cream Industry Tbk (Campina).

Perusahaan yang berdiri sejak 45 tahun lalu ini, makin percaya diri menjadi menjadi perusahaan terdepan yang dapat menjangkau segala kalangan dengan berbagai gaya hidup yang ada masa kini.

Campina berusaha turut andil dalam mengurangi pemanasan global demi kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah dengan rutin mendukung penuh rangkaian kegiatan Earth Day Vegan Festival & Forum 2018.

Beragam kegiatan menarik bertemakan gaya hidup vegan dan kelestarian lingkungan telah digelar di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat pada 23-25 Maret 2018 lalu.

Kegiatan ini pun menjadi salah satu perpanjangan tangan dari kegiatan eco friendly yang sudah dijalankan selama lebih dari 5 tahun oleh Campina untuk ikut serta mengurangi pemanasan global demi kelestarian lingkungan.

Selain itu, Campina juga aktif berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan seperti kegiatan pelestarian Taman Hutan Raya di Bandung, penanaman 1000 pohon di Banda Aceh, dan bermitra dalam membangun Eco Learning Camp untuk pendidikan lingkungan hidup anak-anak bersama Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup.

Campina juga memiliki kebun sayur percontohan, menerapkan konsep kantin vegetarian bagi seluruh karyawan, dan mengelola sampah makanan di pabrik menjadi kompos. Beberapa program ramah lingkungan pun telah diterapkan Campina dalam lingkungan industrinya, antarai lain dengan mengurangi penggunaan lampu dan memanfaatkan penerangan sinar matahari, suhu AC dijaga pada 24°C, dan memakai mesin hand dryer di toilet bukan tisu.

Selain di dalam pabrik, Campina juga melakukan berbagai program "Corporate Social Responsibility (CSR)" yang berfokus pada lingkungan. Salah satu program unggulan CSR Campina adalah Budidaya Jamur Tiram, di mana Campina memberikan pelatihan bagi masyarakat, mulai dari pendirian rumah jamur, proses budidaya, sampai dengan pelatihan untuk mengolah hasil panen.

Selain itu, Campina juga kerap berinovasi dan mengeluarkan produk-produk yang berbahan dasar alami ke pasar, salah satunya adalah melalui produk Zero Milk Ice Cream pertama berbahan dasar Isolated Soya Protein (ISP): Campina LuVe.

Es krim yang terkenal rendah kalori dan lemak (hanya 1-3%) dan ramah bagi para penganut gaya hidup vegan dan vegetarian ini juga sangat cocok dinikmati bagi konsumen yang alergi dengan laktosa /protein hewani (Lactose Intolerant). Ada 2 (dua) varian rasa yang dapat memanjakan lidah para pencinta es krim, yaitu Vanilla Brownies Strawberry Sauce dan Chocolate Chunk.

Dengan kepeduliannya terhadap lingkungan, Campina sukses mendapatkan peringkat Biru pada penghargaan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dianugerahkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

”Dalam memperingati Hari Bumi Sedunia 2018 tanggal 22 April 2018 ini, kami berterima kasih kepada konsumen es krim Indonesia yang telah menyertai kami selama 45 tahun perjalanan perusahaan," ujar Presiden Direktur Campina, Samudera Prawirawidjaja.

"Campina memang memiliki passion yang besar dalam industri es krim, namun kami juga sangat peduli dengan kelestarian alam dengan menjaga lingkungan dan masyarakat agar lebih sehat. Semoga ke depan Campina dapat terus memberikan produk-produk yang digemari konsumen dan menjadi bagian dari sehat dan cerianya keluarga Indonesia,” lanjutnya.

Pada momentum ke-45 tahunnya, 19 Desember 2017 lalu, Campina telah resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan terbuka dan menyesuaikan nama menjadi PT Campina Ice Cream Industry Tbk dengan posisi Presiden Direktur secara resmi dijabat oleh Bapak Samudera Prawirawidjaja.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih