Cara Menghadapi Suami Keras Kepala

Senin, 05/03/2018 08:38 WIB

Jakarta - Suami yang memiliki sifat keras kepala terkadang membuat sang istri merasa jengkel, hingga akhirnya pertengkaran pun dimulai.

Namun bagi Anda seorang istri, sebaiknya tak usah membuat hal itu semakin besar. Apalgi dengan mencoba melawan suami dengan mengeluarkan kata-kata kasar, yang mungkin bisa menghancurkan rumah tangga.

Seorang istri sebaiknya mencari cara bagaimana menghilangkan sifat keras kepala tersebut, hingga keluarga Anda menjadi harmonis.

Berikut beberapa tips bagi seorang istri untuk menghadapi suami yang memiliki sifat keras kepala, sebagaimana dilansir Cintalia:

#Berusaha Sabar
Salah satu cara menghadapi suami yang keras kepala ialah dengan berusaha untuk ekstra sabar. Suami yang keras kepala, akan selalu menuntut apa yang menjadi miliknya. Selain itu, biasanya ia akan berusaha agar tidak dibantah. Sehingga ia tidak terbuka dengan yang namanya saran dan pendapat. Oleh karena itu, dalam menghadapai suami yang keras kepala harus tahu cara bersikap sabar dalam segala hal, mengingat suami yang keras kepala tidak suka mendapatkan kritik dan masukan.

#Berbicara Baik- Baik
Walau memiliki watak yang keras kepala, suami keras kepala masih bisa di ajak komunikasi dan curhat. Akan tetapi jika kita ingin curhat mengenai karakter suami yang keras kepala, dan menurut kita mengganggu, mungkin ada baiknya untuk lebih hati- hati dalam berbicara. Ingat suami yang keras kepala tidak suka di kritik, sehingga jangan sekali- kali memakai kalimat yang seolah mengkritik karakter suami. Berbicaralah dengan bahasa baik, dan tidak menyalahkan suami.

#Tidak Ikut Emosi
Saat sifat keras kepala suami mulai keluar, terkadang kita sebagai istri akan merasa kesal. Akan tetapi, saat suami keras kepala, dan kita ikut terbawa emosi, justru akan membuat pertengkaran semakin besar. Sifat suami yang keras kepala memang sangat mudah memancing emosi kita. Akan tetapi bukan berarti kita harus ikut terpancing, dan menjadi emosi. Emosi di saat seperti ini justru akan semakin memanaskan suasana, dan justru dapat menjadi pertengkaran yang berkepanjangan.

#Jangan Melawan
Suami yang keras kepala tidak suka untuk dilawan. Oleh karena itu, jangan sekali- melawan. Tetapi apabila suami salah, tentu saja boleh menegurnya dengan pelan- pelan, sehingga dapat diterima oleh suami dengan baik. Akan tetapi saat suami menunjukkan sisi keras kepalanya, jangan kita malah melawannya saat itu juga. Pilihlah waktu disaat suami mulai tenang, dan berbicaralah baik- baik dengan suami.

#Mengalah Saja
Istilah mengalah bukan berarti kalah adalah salah satu istilah yang tepat diterapkan, dalam menghadapi suami yang keras kepala. Mengalah bukan juga berarti membiarkan suami terus menerus dengan sikap keras kepalanya. Mengalah digunakan disaat suami sedang stress dan keras kepala, sehingga ia menjadi emosi. Saat itu, sebaiknya diam adalah salah satu solusi. Karena belum tentu suami akan mau mendengarkan saran dari kita. Sehingga mengalah dulu adalah jalan yang terbaik. Saat situasi sudah lebih baik, dan suami mulai tenang, barulah kita mulai membicarakan hal tersebut dengan baik- baik.

#Tetap Memberikan Perhatian
Walau suami memiliki watak yang keras kepala, tetapi sebagai seorang istri, kita harus tetap melayani dan memberikan perhatian kepada suami. Hal ini karena suami adalah kepala keluarga. Akan tetapi, jika suami salah kita tetap harus mengingatkan, dan tidak diam saja.

#Lihat Situasi dan Kondisi
Yang dimaksud dengan melihat situasi dan kondisis adalah saat ingin berbicara atau memberikan masukan kepada suami. Suami yang keras kepala akan mudah tersinggung dan marah jika mendapatkan kritikan. Oleh karena itu, sebagai seorang istri kita harus dapat membaca situasi dan kondisi. Disaat kondisi dan mood suami baguslah, sebagai seorang istri kita dapat mengajaknya berbicara dengan tenang, dan saling mengeluarkan pendapat.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih