Benteng Kuno 4.000 Tahun Ditemukan di Suriah

Jum'at, 22/12/2017 22:02 WIB

Damaskus – Sebuah benteng kuno berusia 4.000 tahun ditemukan di Suriah. Benteng yang terletak di tepian Fertile Crescent itu, konon digunakan sebagai lokasi pengintaian dan komunikasi, dengan wilayah cakupan sekitar 7.000 kilometer persegi, sejak Zaman Perunggu.

Berdasarkan hasil penelitian, tim menemukan bahwa struktur militer itu diyakini telah dibangun antara tahun 2000 SM dan 1500 SM. Arkeolog juga percaya, benteng kuno ini tidak dibangun dengan beton-beton terpahat, melainkan disatukan begitu saja sehingga membentuk dinding-dinding yang menjulang.

Masing-masing bagian benteng dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan para tentara berkomunikasi menggunakan sinyal asap. Jika terjadi kondisi yang kritis, mereka bisa cepat melarikan diri ke tempat yang lebih aman.

Seperti dikutip dari  IBT, dengan bentuk tersebut kemungkinan benteng juga difungsikan untuk memantau dan melindungi jalur transportasi utama, serta melindungi lahan yang paling potensial.

Penemuan ini merupakan hasil pengamatan arkeolog melalui citra satelit sejak 1960 hingga sekarang. Pengamatan ini bertujuan mempelajari lebih dari 1.000 situs arkeologi di Suriah. Sebuah makalah penelitian yang merinci penemuan itu sudah diterbitkan di Jurnal Ilmiah Prancis Paleorient.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih