Pancasila Jadi Panutan Dalam Kehidupan Keseharian

Jum'at, 22/09/2017 13:27 WIB

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI H. Mahyudin menjelaskan panjang lebar mengenai pengertian serta tugas, fungsi dan peran Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai lembaga negara. Mahyudin mengatakan selain memiliki tugas-tugas konstitusional, MPR sebagai mempunyai tugas menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI ((Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika), sesuai perintah UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 (MPR, DPR, DPD, dan DPRD) kepada masyarakat.

"Empat Pilar MPR RI telah mempersatukan Indonesia sebagai negara besar yang terdiri dari ribuan pulau, suku, budaya, dan bahasa. Karena kita punya Pancasila sebagai perekat bangsa yang majemuk ini. Masyarakat seharusnya menyadari itu. Masyarakat harus memahami Pancasila sebagai ideologi," ujar Mahyudin di Kampus Peradaban Hidayatullah Samarinda, Kalimantan Timur Jum’at (22/9/2017).

Dalam hal itu, Mahyudin membuka acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada ratusan santri dan pemuda yang tergabung dalam Syabab Hidayatullah Kalimantan Timur. Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota MPR RI, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP (fraksi Golkar), H. Syaharie Jaang SH, MSi. (Walikota Samarinda), Brigjen TNI Idham Waroihan S.Sos (Dandrem 091/ASN) serta DWP Syabab Hidayatullah Kalimantan Timur dan para undangan lainnya.

Di depan para peserta sosialisasi yang terdiri dari para santri dan pemuda, Mahyudin mengungkapkan kepada para peserta sosialisasi bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi tiga ancaman yaitu korupsi, narkoba, dan radikalisme.

Mahyudin menyatakan korupsi terjadi baik di pusat maupun daerah.

"Mari kita sepakat korupsi harus diperangi bersama, agar bangsa Indoneia mau maju dan sepertinya sekarang ini korupsi sudah menjadi budaya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Mahyudin mengajak agar para santri dan pemuda menjauhi serta memerangi narkoba.

"Kita harus melawan bersama-sama paham-paham radikal itu karena paham-paham itu telah memecah belah bangsa," imbuhnya.

Untuk menghadapi tiga masalah dan tantangan Indonesia itu, lanjut Mahyudin menghimbau agar seluruh pihak menjadikan Empat Pilar MPR RI menjadi panutan dalam kehidupan keseharian kita.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya