Tiga Ribu Peserta Bakal Ikuti GPN Etape Khatulistiwa

Sabtu, 19/08/2017 22:01 WIB

Pontianak –  Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 memasuki Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sekitar tiga ribu peserta akan mengikuti GPN Etape Khatulistiwa ini yang akan digelar Minggu (20/8).

Kegiatan dipusatkan di Alun-alun Kapuas depan Kantor Walikota Pontianak. Mengambil start di Alun-alun Kapuas, peserta akan berkeliling kota dengan rute yang ditentukan panitia dan kembali finis di Alun-alun yang terletak dipinggir sungai terpanjang di Indonesia ini.

Walikota Pontianak  Sutarmidji dan Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora Bayu Rahadian akan direncanakan melepas peserta gowes. “Masyarakat pontianak antusias menyambut GPN ini, ada sekitar 3000 peserta yang sudah mendaftar,” kata Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak, Sefpri Kurniadi di Pontianak, Sabtu (19/8).

GPN 2017 Edisi Khatulistiwa dibagi ke dalam dua katagori. Yaitu katagori pelajar yang menempuh jarak sekitar 4.5km dan katagori profesional dengan jarak 21,35km.

Beberapa saat sebelum perhelatan GPN, seperti halnya di daerah-daerah lain, akan dilakukan prosesi pengambilan air dan tanah dari kota ini, untuk dibawa dan disatukan bersama air dan tanah dari daerah-daerah lain yang dilintasi GPN saat puncak perayaan Haornas di Magelang, Jawa Tengah.

Untuk tanahnya, jelas Kurniadi, diambil dari komplek Mesjid  Jami Pontianak yang merupakan bangunan pertama yang didirikan oleh Sultan Kadriyah Pontianak saat mengawali sejarah dari Kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Baru setelah mesjid kemudian didirikan bangunan lain termasuk istana kesultanan Pontianak.

Sementara air diambil dari pertemuan tiga arus sungai yaitu sungai Kapuas Besar, Kecil dan Landak yang tidak jauh dari mesjid Jami. “Dalam sejarah, di simpang pertemuan tiga arus sungai itulah Sultan mengamati tempat mana yang akan didirikan sebagai bangunan pertama di Pontianak,” tutur Kurniadi.

Selain bergowes ria, GPN Etape Khatulistiwa juga akan menghadirkan berbagai acara hiburan kesenian. Bahkan, acara kesenian sudah dimulai sejak Sabtu (19/8) malam yang mementaskan kesenian dari Paguyuban Seni Tari Budaya Jawa dan Paguyuban Kesenian Kuda Lumping Campur Sari di Alun-alun Kapuas.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih