Rusia: Kematian Baghdadi Hampir 100 Persen Pasti

Sabtu, 24/06/2017 04:30 WIB

Kepala komite pertahanan di majelis tinggi parlemen Rusia meyakini pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi terbunuh mendekati 100 persen, menurut kantor berita Interfax.

Kementerian pertahanan Rusia minggu yang lalu, percaya Baghdadi tewas dalam serangan udara saat melakukan pertemuan dengan para komandan senior Daesh di pinggiran kota Raqqa di Suriah.

Namun kelompok bersenjata yang berperang di wilayah tersebut dan pejabat Amerika Serikat mengatakan tidak memiliki bukti cukup jika Baghdadi terbunuh. Kebanyakan pejabat daerah mengatakan skeptis mengenai informasi dari Moskow itu.

Ketua komite Viktor Ozerov mengatakan, Kementerian Pertahanan tidak akan merilis informasi tentang kematian Baghdadi jika diyakini dapat terbukti tidak benar.

"Saya pikir informasi ini mendekati 100 persen. Fakta bahwa Daesh (ISIS, red) masih belum menunjukkan kepadanya di mana pun ia berada menambahkan kepercayaan kami bahwa Al-Baghdadi terbunuh," katanya.

Baghdadi sering dilaporkan terbunuh atau terluka sejak mengumumkan sebuah kekhalifahan dari masjid di Mosul pada 2014, setelah memimpin pejuangnya dalam sebuah serangan melalui Irak Utara.

Kematiannya akan menjadi salah satu pukulan terbesar bagi kelompok jihad, yang berusaha mempertahankan wilayahnya di Suriah dan Irak melawan pasukan yang didukung oleh kekuatan regional dan global.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih