Petempur ISIS Ledakkan Masjid di Mosul

Kamis, 22/06/2017 16:28 WIB

Mosul - Militer Irak menyatakan, kelompok Petempur yang menamakan negara Islam (ISIS) telah  meledakkan Masjid Agung al-Nuri dan menara miringnya yang terkenal, di Mosul. Dan pemimpin petempur itu, Abu Bakr al-Baghdadi mendeklarasikan kekhalifahan yang mencakup wilayah Suriah dan Irak.

"Dengan meledakkan menara al-Hadba dan masjid al-Nuri sama saja seperti pengakuan resmi kekalahan," kata Perdana Menteri Irak.

Masyarakat Irak menyebut menara condong 45 meter itu al-Hadba atau istilahnya si bungkuk. Bendera hitam Baghdadi berkibar di atasnya sejak Juni 2014.

Namun kantor berita Amaq menuduh,  pesawat Amerika Serikat menghancurkan masjid itu. Amerika langsung membantahnya.  "Kami tidak menyerang daerah itu," kata juru bicara pasukan gabungan pimpinan AS, Kolonel Angkatan Udara John Dorrian dilansir kepada Reuters.

Masjid tersebut hancur ketika pasukan anti terorisme (CTS), yang tengah berusaha mencapai Kota Tua Mosul, berada dalam jarak 50 meter dari tempat itu. Juru bicara militer Irak memberikan perkiraan waktu ledakan sekitar pukul 21.35 waktu setempat (01.35 WIB, Kamis).

Pasukan Irak mengatakan pada Rabu bahwa mereka telah memulai gerakan menuju masjid. "Kejadian ini tidak akan menghalangi kami untuk mengusirnya. Membunuh mereka bukan mengusir mereka, di dalam Kota Tua," kata Letnan Jenderal Abdul Ghani al-Assadi, komandan tinggi CTS di Mosul mengatakan dalam sebuah video yang diunggah melalui aplikasi perpesanan.

Keyword : Krisis Irak ISIS

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios