Ada 1.400 Kuota Beasiswa Khusus Dosen dan Sarjana Unggul

Senin, 05/06/2017 13:15 WIB

Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) meluncurkan sejumlah skema beasiswa bagi tenaga pendidik atau dosen di Indonesia dengan total kuota 1.400 penerima. Hal ini dimaksudkan demi meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dan ilmuwan yang kompetitif di masa depan.

Ada tiga jenis beasiswa yang diluncurkan kali ini, yakni Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana Dalam Negeri (BPP-DN), Beasiswa Afirmasi untuk Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB), dan Beasiswa Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Sedangkan jumlah kuota masing-masing beasiswa adalah 1.000 penerima untuk BPP-DN, 150 penerima untuk Beasiswa Afirmasi PTNB, dan 250 penerima PMDSU.

“Sampai 2021 lebih dari 6.000 dosen akan pensiun. Karena itu, beasiswa ini akan menjadi terobosan untuk meningkatkan kapasitas dosen dan mencetak sumber daya iptek dikti dari sarjana unggul,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Ali Ghufron lewat konferensi pers, Senin (5/6) di Jakarta.

Ghufron menjelaskan beasiswa BPP-DN dapat diikuti oleh dosen tetap yang sudah memiliki NIDN atau NIDK. Batas usia peserta juga tidak lebih dari 50 tahun saat mendaftar dengan lama masa pendidikan 36 bulan atau enam semester. Sedangkan saat sudah lulus nanti, yang bersangkutan diharuskan mengabdi di perguruan tinggi asal.

Sementara Beasiswa Afirmasi PTNB, lebih banyak menjaring PTN baru di daerah perbatasan. Meski demikian, Ghufron mengatakan tidak menutup kemungkinan PTN baru di kota-kota besar juga bisa mengikuti program ini.

“Untuk Beasiswa PMDSU, akan diberikan kepada fresh graduate yang punya kualifikasi untuk menjadi seorang doktor dalam waktu empat tahun. Selain itu mereka juga dituntut menghasilkan dua buah riset yang diterbitkan di jurnal internasional,” ujar Ghufron.

Untuk diketahui, Beasiswa BPP-DN, Beasiswa Afrimasi, dan PMDSU sudah dibuka sejak hari ini 5 Juni 2017 hingga 30 Juni 2017 nanti.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih