Amerika Serikat Cabut Dukungan Kesepakatan Pemanasan Global

Jum'at, 02/06/2017 03:02 WIB

Washington  - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan, memutuskan menarik negaranya dari perjanjian Paris terkait kesepakatan global memerangi perubahan iklim. "Mulai hari ini," katanya pada acara jumpa pers di Taman Mawar Gedung Putih.

Keputusan itu merupakan pemenuhan janji yang dilontarkannya saat kampanye dan diperkirakan akan mengundang penentangan luas  dari dalam maupun luar negeri. Sebelumnya, dilansir Xinhua,  Trump pernah mengatakan bahwa  perubahan iklim itu adalah hal  "kabar bohong".

Dan kebijakan itu telah dijalankan serangkaian tindakan yang ditujukan untuk membalikkan kebijakan-kebijakan soal perubahan iklim yang digariskan pendahulunya, mantan presiden Barack Obama.

Perjanjian Paris soal perubahan iklim disetujui oleh hampir semua negara di dunia pada 2015 setelah melalui perundingan panjang. Dalam kesepakatan itu, untuk menangani perubahan iklim dengan mengurangi pembuangan gas rumah kaca.

Tak hanya itu saja,  serta menetapkan suatu target global untuk menjaga kenaikan temperatur rata-rata tidak lebih dari 2 derajat Celcius di atas tingkat praindustri.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024