Iran-Indonesia Perluas Kerjasama di Sektor Ekonomi

Jum'at, 05/05/2017 09:15 WIB

Teheran - Ketua Majeis Iran,  Ali Larijani mengatakan pada Selasa (2/5) bahwa Iran dan Indonesia memiliki banyak kapasitas untuk memperluas hubungan, terutama di sektor ekonomi.

Dalam pertemuan dengan Aziz Syamsuddin, ketua komite anggaran parlemen Indonesia, Larijani mengatakan bahwa penting bagi kedua negara untuk memperluas hubungan politik, ekonomi dan parlementer.

Tak hanya ekonomi jadi tema sentral dalam pertemuan tersebut, tapi juga isu-isu kaagamaan. Dalam kesempatan itu putra dari Ayatollah Hashem Amoli mengatakan, konflik di negara-negara Muslim tertentu harus diselesaikan secara politis tanpa perang dan penumpahan darah," dilansir Teheran Time, Kamis, (4/5)

Menyikapi hal itu Syamsuddin mengatakan bahwa ada berbagai sekte Islam di Indonesia, namun mereka mampu hidup damai bersama. Ia juga mengatakan Indonesia siap memperluas hubungan dengan Iran di berbagai bidang ekonomi, politik dan sains.

Presiden Indonesia Joko Widodo terakhir kali mengunjungi Iran bersamaan kunjungan ke negaraan di India pada Desember 2016 tahun lalu. Lawatan tersebut difokuskan untuk meningkatkan kerjasama disektor ekonomi. Mengingat Iran dan India memiliki potensi kerjasama yang besar.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu